PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Pemilihan Demang Kecamatan Permata Kecubung


Sukamara, LHI

Bertempat di Aula Kecamatan Permata Kecubung Kabupaten Sukamara, tanggal 18 November 2023 telah diadakan Pemilihan Demang Kecamatan priode 2023-2029 yang juga dirangkai dua acara lainnya yakni Launching "SOP TANGO" dan Pelepasan Kontingen Gawi Barinjam.

Demang adalah suatu jabatan yang bertugas dan memiliki tanggungjawab dalam ke-adatan orang suku Dayak yang tugas pokoknya adalah mengatur adat dan melaksanakan hukum-hukum adat serta memutus perkara adat.

Kedemangan, terutama dalam adat orang Dayak adalah suatu lembaga yang begitu penting dalam ruang dan tingkatannya masing-masing. Demang Kecamatan berarti lembaga atau pejabat Adat setingkat Kecamatan yang membawahi Kepala Adat disetiap desa di Kecamatan itu.

Pemilihan Demang ini langsung dipimpin oleh Ketua Panitia  bapak Camat Permata Kecubung Mariyadi, S. Hut yang sekaligus beliau adalah Sekretaris I Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sukamara. Ada dua calon yang mempersebutkan jabatan Demang kali ini, yakni urut I  Haryanto sedangkan urut II adalah  Kadarin.

Acara pemilihan dimulai kira-kira pkl 11.00 Wib dimana calon Demang diminta untuk menyampaikan visi, misi dan program kerja bila dipercaya oleh masyarakat, namun yang paling menarik kedua calon diminta memulai penyampaiannya dengan berpantun dan diakhiri dengan pantun. Pantun dibawakan dengan lantunan khas orang Dayak yang memiliki makna yang mendalam.

Saat pemilihan dilaksanakan dan penghitungan surat suara, calon urut I meraih suara terbanyak yakni  37 lawan 3 sehingga diungguli oleh nomor urut I.


Dalam pesan dan kesan, baik yang disampaikan ketua Panitia bapak Camat Permata Kecubung, Kapolsek, Dinas PMD, Babinsa semua memberikan apresiasi dan penghargaan atas terlaksananya acara dengan baik. Mereka berpesan agar Demang bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

Saat diwancarai oleh awak Media LHI, bapak Camat Permata Kecubung, Kapolsek dan Mantir Kecamatan bapak Prukan mengatakan bahwa siap memberikan dukungan kepada Demang terpilih dan bapak Camat MARIYADI, S. Hut sangat mengharapkan dukungan media agar adat, budaya orang Dayak kedepannya lebih baik dan berkembang. Demang terpilih, bapak Haryanto saat ditanya awak Media LHI, mengatakan bahwa beliau berniat mengumpulkan para Kepala Adat untuk konsolidasi dan dalam hal ini beliau meminta dukungan dari pihak Kecamatan dan semua lapisan masyarakat.

Acara ini dihadiri Panitia Pemilihan Demang, Dinas PMD Kabupaten Sukamara, Pemerintah Kecamatan, Kapolsek, Babinsa, DAD Kecamatan, Mantir Kecamatan, para Kepala Desa, BPD, RT, Ketua-ketua Adat dari desa, Karang Taruna, pihak Perusahaan swasta/PT  dan tak ketinggalan ibu-ibu PKK.

Acarapun berakhir sekitar pkl 13.00 Wib yang sebelumnya para peserta dihibur dengan beberapa tembang lagu yang dimotori para vokalis dadakan lokal, pak Astro, Oyong dan Ferdi Rantung.  Dengan pembawaan mereka yang kocak dan humoris, terutama bapak Astro sehingga acara berjalan dengan penuh keakraban dan kekeluargaan. Selanjutnya acara dilanjut rapat dan pertemuan Camat dan para Kepala Desa dalam tema yang berbeda.(HELEN/AGUS)*

 

 

 

Post a Comment

0 Comments