PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

BBWS Gelar Apel Siaga Banjir Efek Air Sungai Citanduy Bersama Forkompimda

Banjar, LHI- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana mengikuti kegiatan Apel Siaga Penanggulangan Darurat Bencana Akibat Daya Rusak Air di lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, berlokasi di Lapang Golf BBWS Citanduy. Kamis (16/11/2023).



Peserta Apel dihadiri oleh seluruh Forkopimda Kota Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Tim Satgas Penanggulangan Darurat Bencana Kabupaten Cilacap, Kabupaten Bayumas, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, serta Kota Banjar.


Kepala BBWS selaku Inspektur Apel menegaskan bahwa penanganan banjir dan longsor itu merupakan fenomena alam di seluruh Indonesia.



BBWS Citanduy berperan dalam mensuport kegiatan penangulangan bencana, yaitu dengan penyediaan alat berat, bahan banjiran dan data-data hidrologi.



Hal tersebut itu di dukungnya dengan adanya 38 Pos Pantau Muka Air Sungai, 42 Pos Curah Hujan, dan 2 Pos Klimatologi.



" Siaga bencana memerlukaan sinergi dan kerjasama sehingga penanganan bencana dapat dilakukan secara cepat dan tepat waktu," tegasnya.



Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengatakan, bahwa kegiatan seperti sarana untuk mengumpulkan kapasitas daerah, sarana prasarana logistik dari berbagai unsur sebagai bentuk kesiap siagaan menghadapi bencana.



Nana berharap Apel Bencana Siaga ini bukan kegiatan seremonial belaka, namun dapat menjadi manifestasi kesiapaan Pemerintah Daerah , TNI, Polri, maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan apabila terjadi bencana.



"Kita semua menyadari, bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi bencana tersebut,"pungkasnya. (Ade Aris) 

Post a Comment

0 Comments