DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Plt Bupati Meranti Harap Alumni Ponpes Ikut Membina Mental Umat


 


MERANTI
- Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menghadiri Tablig Akbar Haul Masyayikh ke-45, yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Alumni Pondok Pesantren (BKAPP) Kepulauan Meranti di Masjid Jami' Taqwa Desa Dwi Tunggal Kecamatan Rangsang, Senin (31/7/2023) malam.

Hadir sebagai penceramah Pengasuh Ponpes HM Al Mahrusiah Lirboyo Kediri, Jawa Timur Dr. KH Reza Ahmad Zahid Lc MA. Hadir juga Pendiri BKAPP Drs. Tarmizi Tohor, MA dan ribuan masyarakat serta alumni Ponpes di Kepulauan Meranti.

Ketua BKAPP Kepulauan Meranti, Kiai M. Nurdin, S.PdI mengatakan peringatan haul tersebut sudah ada sejak 45 tahun yang lalu. Hal itu, katanya, menunjukkan kehasiran para santri akan senantiasa mewarnai di mana pun berada, bertempat tinggal dan dalam berbagai keadaan.

"Kegiatan ini bukan hanya sekadar membacakan doa dan tahlilan saja, namun didahului semaan (membaca dan menyimak) Alquran 30 juz dan bahtsul masail (pengkajian agama)," jelasnya.

Salah satu pendiri BKAPP,  Tarmizi Tohor, yang juga Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag menjelaskan organisasi tersebut didirikan tahun 1991 dan diresmikan di Desa Segomeng oleh Plt Bupati Bengkalis saat itu."Alhamdulillah pada tahun 1992, BKAPP bisa mengundang KH Zainuddin MZ (almarhum) untuk datang ke Kota Selatpanjang," terangnya.

Plt Bupati H. Asmar mengatakan Pemkab sangat mengapresiasi peran masyayikh dan alumni Pondok Pesantren (Ponpes) dalam menyukseskan tersebut."Pada malam ini saya sangat bersyukur karena bisa berkumpul bersama dengan para ustaz dan ustazah serta para alumni santri pondok pesantren," kata Asmar.

Lewat acara tersebut, Asmar berharap dapat mempererat tali silaturahmi antara santri, kiai, ulama dan masyarakat. Hal itu bertujuan membangun kebersamaan demi terwujudnya Kabupaten Kepulauan Meranti yang lebih baik.

"Melalui kegiatan ini, hendaknya kita mampu merefleksi diri atas segala yang telah dilakukan dan dipelajari di Ponpes, dalam membina mental spiritual umat islam," harapnya.

Lebih lanjut Asmar mengatakan, Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan daerah yang agamis, hal itu ditandai dengan banyaknya Ponpes, baik tradisional maupun modern, serta berkembangnya lembaga keagamaan baik TPQ, majelis taklim dan majelis zikir.

"Oleh karena itu, potensi yang sangat baik ini hendaknya dapat dimanfaatkan secara optimal, dalam memperluas syiar islam dan membangun karakter generasi muda," ungkap Asmar.

Kegiatan itu juga diawali dengan santunan anak yatim dan pelantikan pengurus BKAPP Meranti 2022-2027.

Turut hadir mengikuti acara tersebut, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan beserta Anggota DPRD, Danramil O2 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu, Danposal Selatpanjang, Kakan Kemenag, Ketua MUI, perwakilan Polres Kepulauan Meranti, staf ahli Bupati M. Mahdi, pimpinan OPD, Camat Rangsang, Kepala Desa Se-Kecamatan Rangsang, tokoh agama, tokoh masyarakat, ustaz-ustazah alumni Ponpes serta undangan lainnya. (RAMLI ISHAK/ Prokopim)

 

 

Post a Comment

0 Comments