PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Lagu Lama, Minimnya Ketersediaan Air Bersih Di Kota Banjar Jika Kemarau Tiba

Banjar LHI, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih meminta agar tetap penanganan krisis air bersih yang terjadi karena kemarau panjang. Warga Girimulya Desa Binangun  kecamatan Pataruman menjadi prioritas dalam pelayanan air bersih, Senin(7/08/2023).


Wali Kota mengatakan solusi kini untuk penanganan air bersih itu nantinya Perumda Tirta Anom dan Dinas PUTR membuat sambungan instalasi air bersih yang menuju kerumah warga.


"Solusinya sama PDAM dengan pembuatan instalasi ke sambungan rumah warga" ucap Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih saat meninjau langsung turun ke lokasi krisis air bersih di Desa Binangun.


Direktur Tirta Anom E. Fitrah Nur Kamilah mengatakan untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih yang ada di wilayah tersebut, pihaknya bekerjasama dengan BPBD dengan mendistribusikan air bersih dengan menggunakan armada tanki.


PDAM Tirta Anom tengah mengusahakan bantuan Instalasi Pengolahan Air bersih (IPA) ke pemerintahan pusat. Supaya ketika terjadi kebutuhan yang kini sipatnya mendesak atau mendadak fasilitas tersebut bisa untuk memenuhi kebutuhan air bersih di lingkungan warga tersebut.


Surat dari walikota kini sudah dibuat ke kementerian, tinggal menunggu hasil untuk di ACC atau tidaknya. Ia menegaskan dalam minggu ini akan terus mengkonfirmasi bantuan karena hal tersebut termasuk bagian dari suatu bencana kekeringan tegasnya.


Penggunaan Instalasi Pengelohan Air Bersih mobile semoga bisa terealisasi lebih cepat dibandingkan menunggu pemasangan distribusi jaringan utama, dikarenakan untuk pipanisasi harus menunggu anggaran Tahun 2024.


"Kini IPA mobile bisa lebih cepat, tetapi kalau pakai pipa distribusi jaringan utama kita harus menuggu anggaran tahun 2024". ucapnya.


Lebih lanjut juga menyembutkan, untuk wilayah Binangun itu sendiri terdapat juga pipa distribusi jaringan utama.tingal saja menyambungkan kerumah-rumah warga.


Adapun pipa tersebut merupakan jalur distribusi pemanfaatan air bersih dari wilayah Desa Balokang nantinya dari jaringan itu kita akan sambungkan ke Dusun Girimulya.


Kita sudah kordinasi dengan Dinas PUTR sudah ada perpipaan didaerah Pagak.serta bisa untuk disambungkan dari yang Pagak kesini.ucapnya.


Semoga dalam waktu dekat ini kita juga dapat bantuan IPA mobile.jadi nanti ada solusi disini terpasang perpipaan permanen dari Pemkot atau APBN itu sendiri bisa juga pakai IPA mobile. (Ade Aris)

Post a Comment

0 Comments