DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Sekda Meranti Hadiri Pembukaan PKN di Jawa Barat


SUMEDANG – LHI.

Sebanyak tiga orang Pejabat Eselon II Kepulauan Meranti mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan 13 Tahun 2023 di Pusat Pelatihan, Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara RI (Puslatbang PKASN LAN RI), Sumedang, Jawa Barat, Senin (5/6/2023).

Tiga pejabat tersebut yakni, Asisten III Setdakab Meranti Sudandri Jauzah, Kepala Inspektorat Meranti Rawelly, dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Meranti Tengku Arifin.

Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Bambang Suprianto yang menghadiri langsung pembukaan pelatihan tersebut mengatakan, lewat kegiatan itu diharapkan bisa membentuk sumber daya manusia (SDM) untuk pemimpin masa depan.

"Ini tahap pertama. Berikutnya akan kita kirim lagi 4-5 orang sesuai kemampuan keuangan daerah," ujar Bambang.

Dia berharap para pejabat Meranti yang dikirim untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan nasional itu, betul-betul menyerap ilmu yang dibagikan oleh narasumber.

"Ini adalah Diklat kepemimpinan yang berorientasi untuk perubahan birokasi menuju Indonesia yang memiliki ASN berkualitas internasional," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Puslatbang PKASN LAN RI Drs. Riyadi M.Si mengatakan pembukaan tersebut bersamaan dengan Pelatihan Manajer Madya dari BP Batam.

Tujuan dari kegiatan tersebut, tambahnya, untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada jabatan tinggi pratama yang akan melaksanakan tugas dan fungsi di pemerintah daerah.

"Sedangkan untuk Pejabat BP Batam, mengembangkan kompetensi teknis dalam pengelolaan kinerja organisasi secara efektif dan efisien," sebutnya.

Senada dengan itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, berharap peserta pelatihan yang terdiri dari 60 peserta dengan jabatan eselon II itu, tentunya mempunyai pengalaman dan jam terbang masing masing.

"Peserta PKASN ini sebagai agen perubahan birokrasi yang memberikan kontribusi, mewarnai dan mengubah birokrasi lebih baik lagi. Karena tantangan birokrasi kedepannya semakin komplek," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan, Sekretaris Mahkamah Agung, Kepala Pusdikmin Lemdiklat Polri, Perwakilan Pusdikajen Kodiklat TNI AD, Perwakilan Kementerian LHK, Perwakilan Kemensos, BRIN dan 24 Sekda kabupaten/kota se-Indonesia. (RAMLI ISHAK/Prokopim)

Post a Comment

0 Comments