DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pj. Bupati Lampung Barat Bersama Ketua TP-PKK Nati Nyambai Bersama Para Peserta Lomba Pada Perhelatan Karisma Event Nusatara Festival Budaya Sekala Bekhak ke-9

Lampung Barat, LHI.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman M.M bersama ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-KK) Dra. Zelda Naturi Nukman M.M dengan  menyelendangkan selendang miwang nari nyambai bersama para peserta lomba di Pelataran Lamban Pancasila, Selasa (20/6).

Selendang miwang (Selendang Nangis) merupakan selendang khas masyarakat Kabupaten Lampung Barat dengan bermotif Seminung dan Pesagi. Selendang miwang biasanya dikenal sebagai selendang perpisahan dari masa lajang dalam masyarakat Lampung.

Seperti diketahui, perhelatan Karisma Event Nusatara Festival Budaya Sekala Bekhak ke-9 yang digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dari 18 hingga 20 Juni 2023, mengadakan berbagai perlombaan, diantaranya seni budaya nyambai dan musik orkes gambus hingga ngelemang bebakhong.

Perhelatan lomba nyambai selain diikuti oleh perwakilan Pekon yang ada di Lampung Barat, juga diikuti oleh 28 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten setempat.

Dalam hal tersebut, Pj. Bupati Lampung Barat bersama ketua TP-PPK nampak sangat menikmati persembahan tari nyambai yang diperagakan para peserta.

Terlihat sesekali, Pj. Bupati Lampung Barat bersama ketua TP-PKK nampak terlihat gembira sekaligus merasa senang mendengar lantunan lagu yang dinyanyikan oleh para peserta di pelataran Lamban Pancasila.

Keceriaan, ditandai dengan wajahnya yang penuh ceria hingga kerap mengikuti tarian para peserta yang begitu elok dari tempat duduknya. Bahkan sesekali dirinya menyuarakan "mana pendukungnya" sembari melambaikan tangan kepada para penonton.

Tidak hanya itu, bahkan sesekali Nukman bersama Zelda menyempatkan untuk poto bersama dengan peserta lomba. Hal itu sebagai bentuk bahwa dirinya menyambut baik atas pegelaran tersebut.

"Saya benar-benar senang dengan adanya berbagai perlombaan pada perhelatan Festival Sekala Bekhak ini, hal ini patut kita pertahan bahkan ke kedepannya harus lebih di tingkatkan lagi," Disampaikan Nukman sembari menikmati pertunjukan tari nyambai dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Lampung Barat.

Dirinya berharap, perhelatan Festival Sekala Bekhak tersebut dengan mengadakan berbagai perlombaan Seni Budaya dapat menumbuhkan jiwa semangat para kaum muda untuk melestarikan budaya warisan nenek moyang terlebih dahulu.

Kendati saat ini, dikatakannya sudah dizaman modern namun Seni Budaya khas masyarakat Lampung Barat harus tetap di pertahankan.

"Seni Budaya khas kita sebagai masyarakat Lampung Barat yang merupakan warisan nenek moyang kita terlebih dahulu harus terus kita tingkatkan," Kata dia.

Dirinya menyampaikan terimakasih terhadap seluruh peserta yang telah mengikuti perlombaan tersebut "saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi memeriahkan Festival ini," Ungkap Pj. Bupati Lampung Barat seraya berharap peserta jangan pernah menilai dari hadiahnya namun harus menyadari bahwa sudah menjadi kewajiban bersama melestarikan Seni Budaya khas Lampung Barat. (NOPRI)

Post a Comment

0 Comments