Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Hari Libur, Pengabdian Seorang ASN Disnaker Kota Banjar Jemput Jenazah TKW Asal Banjar

Banjar, LHI,- Pada Hari Senin lalu 29 Mei 2023, Dudi warga Jadimulya sekaligus sebagai Karang Taruna Kelurahan Hegarsari mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar guna memberitahukan berita duka tetangganya ada yang Meninggal sebagai TKW di Malaysia. 


Pekerja Migran Indonesia dari Kota Banjar yang Bernama Komalasari Warga Jadimulya RT 003 RW 007 Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman Kota Banjar sudah bekerja cukupa lama 11 Tahun di Malaysia. 


Almarhumah Komalasari wafat karena terjatuh, Jenazah mendiang diterbangkan dari Malaysia dan mendarat di Indonesia  pada Kamis (01/06).


Heri Suami Almarhumah Komalasari memberitahukan kepada pihak kelurganya di Banjar tentang kematian istrinya sekitar pukul 13.00 WIB. Komalasari wafat pada Sabtu 27 Mei 2023 Pukul 14 waktu Malaysia.


Dirinya menerangkan bahwa Komalasari wafat disebabkan mengalami Jatuh terpeleset di kamar mandi yang mengakibatkan terjadinya pecah pembuluh darah. 


"Korban segera di bawa ke Rumah Sakit untuk ditangani namun tidak tertolong." Terangnya.


Kepala Disnaker Kota Banjar H. Sunarto, SH., M.Si., saat ditemui di Tamkot Lapang Bhakti usai upacara Harlah Pancasila, ia telah memerintahkan Kabid Penempatan dan Transmigrasi Ninding Kosmana, S.Pd, M.Si., yang langsung menugaskan Pengantar Kerja Ahli Muda Endi Apandi, S.Pd.I., S.IP., untuk segera membantu dalam penanganan hubungan ketenagakerjaan lapangan dengan pihak luar. Disnaker Banjar langsung bergerak cepat tanggap atas laporan tersebut dan dimungkinkan malam ini jenazah akan tiba di Banjar.


Endi Apandi mewakili Disnaker Banjar terjun lansung seusai menerima laporan dari warga, menurutnya hal tersebut merupakan tanggung jawabnya sebagai ASN mengutamakan bentuk pengabdian melayani masyarakat meskipun bertepatan dengan cuti bersama Hari lahir Pancasila.


Endi menerangkan, setelah menganalisa, melihat kondisi dan menggali informasi yang lebih jelas. 


"Lalu saya menemui keluarganya, saya sebagai Manusia biasa yang punya nurani sangatpunya berempati. Sebagai fungsi pejabat lapangan kerja harus memberikan pelayanan prima terhadap warganya yang kesulitan." Ujarnya.


Endi menjelaskan kepada LHI, akhirnya dirinya berikhtiar untuk menghubungi pihak keluarga di Malaysia agar tidak terjadi mis komunikasi dengan suaminya. 


Dirinya meminta bantuan ke pihak-pihak perwakilan Indonesia di Malaysia untuk dapat memfasilitasi ke pulangan jenazah ke tanah air sekaligus melaporkan ke Tim Satgas GMSC, Satgas Provinsi sampai ke teman-teman meminta bantuan ke NJO di Malaysia. agar melihat kebeneran Kematian ini murni kecelakan terpeleset di kamar mandi yang mengakibatkan pecah  pembuluh darah.


"Tujuan kami sangat sederhana, bagaimanapun itu Warga kami yang harus di bantu untuk di perjuangkan dibela dan Kepala Dinas menyuruh saya selaku petugasnya untuk terjun menyelesaikannya. Alhamdulilah dengan ijin Allah dan Ridhonya jenazah bisa dipulangkan ke Banjar karena kami bersinergi dengan BP2MI Pusat sehingga lebih cepat 2 jam." Kata Endi.


Di Disnaker Kota Banjar dirinya bertugas baru 1,5 Tahunan. Ia menegaskan dimanapun ditempatkan bekerja harus all out untuk menyelesaikan urusan permasalahan pekerja Migran. 


"Karena walau bagaimanapun itu masalah kemanusiaan yang sangat butuh perlindungan sesuai dengan undang - undang nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan pekerja Migran.


Dalam bekerja dirinya tidak mengenal waktu, dirinya menyampaikan terimaksih para pihak yang telah membantu mendukung proses penjemputan jenazah dari Malaysia hingga sampai ke rumah duka di lingkungan Jadimulya Kota Banjar.


Jenazah mendiang Komalasari dari Malaysia didampingi oleh majikan dimana tempat Almarhumah dan suaminya bekerja. 


"Alhamdulillah kami tiba dirumah duka jam 19.30 WIB, secara keseluruhan proses pemulangan Jenazah berjalan lancar." Pungkas Endi Apandi. (Ade Aris)

Post a Comment

0 Comments