DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Kapolsek Sagulung Menjelaskan Kronologis Pelaku Sodomi Pencabulan Anak Dibawah Umur



Barelang  – LHI

Unit Reskrim Polsek Sagulung yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Sagulung  Ipda M. Yuda Firmasyah, S.Tr.K dan Unit 4 Reskrim telah berhasil mengamankan 1 orang laki-laki inisial YFL (25 tahun) terduga pelaku Tindak Pidana Pencabulan yang terjadi Pada hari kamis  tanggal 23 Februari 2023 sekira pukul 02.00 Wib di Rumah Kontrakan Beralamat Kel. Sei Langkai Kec. Sagulung Batam. Selasa (23/05/2023)

Kapolsek Sagulung  Iptu Donald Tambunan  S.H. menjelaskan Kronologis Kejadian Bahwa pada hari Minggu tanggal 14 Mei 2023 saat itu korban anak laki-laki (17 tahun) bersama keluarganya berada di rumah untuk acara keluarga, pada saat korban hendak mau duduk terlihat oleh pelapor (ayah korban) cara berjalan dan duduk agak sulit, selanjutnya pelapor bertanya kepada korban apa yang terjadi dan melakukan pengecekan terhadap bagian bawah tubuh belakang korban terlihat ada luka dibagian dubur hingga adanya cairan sehingga pelapor membawa korban ke RS. Embung Fatimah sesampai nya di sana lalu di sarankan oleh dokter untuk dilakukan operasi. Selanjutnya dari pelapor berusaha menanyakan akibat luka yg dialami oleh korban secara berlahan-lahan pelapor mendapatkan keterangan dari Korban bahwa telah di cabuli oleh guru sekolah korban  di rumah kos-kosan guru sekolah yang mana pelaku YFL yang melakukan perbuatan tersebut, dilakukan pada hari Kamis tanggal 9 Maret 2023 secara berulangkali.

Kemudian pelapor bersama keluarga pelapor menjemput Pelaku YFL ke kontrakannya dan membawa kerumah pelapor yang diikuti oleh guru lainnya. Dalam pertemuan tersebut Pelaku YFL mengakui perbuatannya. Selanjutnya membawa Pelaku YFL ke Polsek Sagulung untuk melaporkan kejadian tersebut. Ucap Kapolsek Sagulung  Iptu Donald Tambunan  S.H.

Berdasarkan 2 alat bukti yang sah Unit Reskrim Polsek Sagulung menentapkan YFL sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur.

Setelah menerima laporan dari pelapor Berdasarkan kejadian tersebut dari Keluarga / marga pelapor menjemput tersangka ke kos-kosan yang selanjutnya membawa kerumah pelapor serta ada juga guru sekolah yang mendampingi Pelaku YSL, selanjutnya membawa ke Polsek Sagulung untuk melaporkan kejadian tersebut serta mengamankan Pelaku YSL, selanjutnya berdasarkan 2 (dua) alat bukti serta telah dilakukan gelar perkara maka terhadap guru sekolah korban yg diduga melakukan perbuatan cabul.        

Adapun barang bukti yang diamankan  1 lembar Kutipan Akte Kelahiran korban, 1 helai celana dalam warna biru, 1 helai celana olahraga warna biru SMK.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Sagulung Iptu Donald Tambunan S.H. membenarkan telah menetapkan 1 orang laki-laki inisial YFL sebagai tersangka atas dugaan Tindak Pidana Pencabulan yang diketahui terjadi Pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2023 sekira pukul 02.00 Wib di  rumah kontrakan Kel. Sei Langkai   Kec.  Sagulung  Kota Batam.

Atas perbuatannya pelaku di jerat dengan Pasal 82 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 17 tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-Undang. ancaman pidana penjara 15 tahun Denda 5 Miliar.Ungkap Kapolsek Sagulung Iptu Donald Tambunan, S.H.(JAHOTMAN.S)***

 

Post a Comment

0 Comments