DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Wakil Bupati Pangandaran Hadiri Acara Kick Off Sub PIN Polio



Pangandaran LHI

Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan melaksakan Kick Off Sub PIN Polio di Posyandu Tunas Harapan Dusun Astamaya Desa Karangjaladri Kec. Parigi. Senin, 3 April 2023.

Kegiatan Sub PIN Polio ini dilaksanakan di setiap kecamatan dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. Imunisasi ini merupakan faktor penting dalam pencegahan stunting dan upaya mewujudkan masyarakat sehat, kuat, serta unggul.

Melalui sambutannya, Wakil Bupati Pangandaran H Ujang Endin Indrawan menyampaikan, berkaitan dengan adanya kasus polio tipe pada taun lalu yang terjadi di luar pulau Jawa, perlu dilaksanakan penanggulangan yang sangat ekstra dengan melaksanakan PIN polio kepada anak usia 0 – 59 bulan, khususnya di Kabupaten Pangandaran, jelasnya.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, H Ujang Endin mengatakan Kabupaten Pangandaran harus melaksanakan Sub-PIN Polio, seperti yang dilaksanakan ada hari ini di Desa Karangjaladri, dan setiap Pos Yandu yang ada di kabupaten Pangandaran harus lebih ekstra lagi memberikan pelayanan kesehatan kepada anak usia 0 – 59 bulan, dan ibu hamil.

Menurutnya, pelaksanan Sub-PIN Polio ini bukanlah hanya tanggung jawab pemerintah tetapi merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu, pada kesempatan ini H Ujang Endin mengajak seluruh masyarakat untuk dapat berperan aktif dan menginformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang pelaksanaan sub pekan imunisasi nasional Sub-PIN Polio, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Karangjaldari Eris Darmawan menyampaikan, sebagaimana kita ketahui dan sadari bersama, bahwa imunisasi polio memiliki arti penting bagi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat namun Imunisasi polio merupakan upaya preventif yang sangat besar manfaatnya dalam mencegah morbiditas, mortalitas dan disabilitas yang disebabkan oleh penyakit polio.

“Penyakit polio ini dikenal sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, Sehingga jika tidak segera dihentikan, maka dikhawatirkan penyebaran penyakit polio ini akan berpotensi meluas. oleh karenanya untuk menghambat penyebarannya, maka perlu dilakukan pencegahan melalui pemberian imunisasi, terutama masyarakat Desa Karangjaladri, tegas Eris.

Dalam kesempatan tersebu, Eris mengajak Kepada seluruh masyarakat Desa Karangjaladri, terutama yang memiliki balita, agar dapat ikut serta dalam kegiatan PIN polio ini.

Bawalah Balita kita ke Pos Yandu terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio, sesibuk apapun, luangkan waktu untuk membawa anak-anak kita ke Pos Yandu terdekat, jangan sampai lupa karena mencegah penyakit itu lebih baik dari pada mengobati, pungkas Eris Darmawan. (AS)

 

Post a Comment

0 Comments