Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Resmikan Masjid Ponpes Baburrohmah, Bupati Meranti : Jadikan Pusat Kebudayaan dan Kajian Ilmu Islam

 


 

MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menghadiri peresmian Masjid Pondok Pesantren (Ponpes) Baburrohmah Sungaitohor Barat Kecamatan Tebingtinggi Timur, Jumat (13/1/2023).

Pimpinan Ponpes Baburrohmah Kiai Saifullah Yusuf Imron STh.I mengucapkan selamat datang kepada Almukarrom Pengasuh Ponpes Al-Hikam Depok KH. Moch Hilmi Ashiddiq Al-Aroky karena sudi menghadiri dan mengisi tausiyah agamanya pada peresmian tersebut.

Dia juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya Bupati beserta jajaran yang telah banyak membantu terlaksananya pembangunan Masjid Ponpes Baburrohmah itu."Mari bersama-sama kita mendoakan agar kepala daerah dan jajarannya senantiasa diberikan bimbingan dalam iman dan islam," ungkap Syaifullah.

Bupati H.M Adil mengatakan peran dan fungsi masjid di tengah umat sebenarnya tidak pernah berubah dalam berbagai situasi dan kondisi umat dari dulu sampai sekarang. Akan tetapi, faktor keterbatasan dan kelemahan umat islam yang menyebabkan tidak semua masjid yang dibangun berfungsi lebih dari sekadar tempat ibadah.

"Untuk itu keberadaan masjid ini hendaknya benar-benar dapat difungsikan secara optimal sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Baburrohmah Sungaitohor Barat dan warga sekitarnya," pesan Adil.

Selanjutnya, Bupati H.M Adil juga berharap setiap desa dapat mengirim 10 anak untuk menjadi santri di Ponpes Baburrohmah. Dengan begitu, katanya, akan lahir 1010 santri yang siap mengimami 605 masjid dan musala di Kabupaten Kepulauan Meranti."Tahun ini kita akan bangun 21 ruang belajar dan asrama bagi para guru pengajar dengan anggaran lebih kurang Rp8 miliar," ucap Bupati.

Lebih jauh H. M Adil mengingatkan, masjid bukan hanya berperan sebagai tempat beribadah semata, melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat Islam. Dia juga berharap Masjid Baburrohmah dengan kapasitas lebih kurang 2.500 orang santri itu, nantinya dapat memancarkan cahaya islam, menyebarkan nilai-nilai persatuan, persaudaraan dan kerukunan umat.

"Mari bersama-sama kita memakmurkan masjid ini dan menjadikannya sebagai pusat kebudayaan dan kajian ilmu islam," tutup Adil.

Peresmian diakhiri dengan pembukaan selubung papan nama, pemotongan pita, dan penandatanganan prasasti oleh Bupati H.M Adil didampingi Pimpinan Ponpes Baburrohmah Kiai Syaifullah Yusuf dan segenap pengurus yayasan Ponpes Baburrohmah. Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan Salat Jumat berjamaah perdana di masjid tersebut.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Kapolres Kepulauan Meranti diwakili Kapolsek Tebingtinggi Gunawan, Danramil Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu, Danposal Selatpanjang yang diwakili Babinpotmar Serda Ttg Aldef Priadi, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, Kakan Kemenag Drs. H. Sulman, para staf ahli, para asisten, pimpinan OPD, Ketua MUI, Ketua DMI, Camat se-Kabupaten Kepulauan Meranti, Kepala Desa se-Kecamatan Tebingtinggi Timur serta undangan lainnya. (PONIATUN/ Prokopim)

 

Post a Comment

0 Comments