Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Poniatun, Kelahiran Yogyakarta Berharap Presiden Joko Widodo Harus Segera Menangani Kabupaten Kepulauan Meranti Termiskin di Riau


 

Meranti LHI

Kabupaten Kepulauan Meranti dengan 9 kecamatan, 5 kelurahan dan 96 desa terdiri dari 4 pulau besar di Meranti.Kabupaten Kepulauan Meranti berhadapaan langsung dengan Selat Malaka, Malaysia, Singapura dan Thailand sama-sama tinggal di Alur Selat Malaka! Garda pulau terdepan adalah Pulau Rangsang dan Pulau Merbau, dua pulau tersebut menjadi sasaran mengganasnya ombak Selat Malaka, Malaysia yang sudah berpuluh-puluh tahun lamanya sehingga tebing pulau rangsang dan pulau merbau tersebut berjatuhan ke laut termasuk juga kebun masyarakat.

Pulau-pulau tersebut adalah pulau terluar di meranti, dimana pulau terluar itu adalah tanggung jawab pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah pusat. Gubernur Riau adalah perpanjangan tangan pusat, mengapa Pulau Merbau dan Pulau Rangsang tidak mendapat perhatian dari pemerintah pusat?

Pulau Rangsang merupakan daerah pertanian tepatnya di Kecamatan Rangsang Barat dimana tanahnya sangat subur dengan menghasilkan beras termasuk kopi, kelapa, dan juga karet serta perikanan, yang menjadi kendala di segi penghasilan masyarakat ialah tanggul air yang jebol sudah berpuluh-puluh tahun lamanya belum mendapat perhatian dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Masalah transportasi lintas orang dan barang di Meranti masih ketergantungan dengan kendaraan laut yaitu kapal motor dan speed boat, serta kapal feri. Jalan poros Alai-Mengkikip-Kampung Balak-Tanjung Peranap adalah jalan provinsi utnuk kendaraan darat dari Meranti ke Pekanbaru yang tak kunjung selesai pembangunannya, sudah 14 tahun kabupaten meranti dimekarkan selama 14 tahun itu juga pembangunan di segala bidang di Meranti masih belum terlaksana dengan baik, termasuk juga masyarakatnya yang  sangat rentan dengan kemiskinan. Sebenarnya Gubernur Riau Drs. Syamsuar sangat paham dengan Kabupaten Meranti karena beliau pernah menjadi Pejabat Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti.

Provinsi Riau adalah penghasil gas yang terbesar di Indonesia Blok Rokan Riau dan juga Kabupaten Kepualuan Meranti merupakan daerah penghasil minyak bumi tepatnya di Pulau Padang Teluk Belitung dan Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

Oleh sebab itu, diharapkan Presiden RI Joko Widodo segera menangani Kabupaten Kepulauan Meranti yang termiskin di Riau ini. (RAMLI ISHAK)

 

Post a Comment

0 Comments