Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Pengamanan Imlek 2574, Kapolres Meranti Bersama Stakeholder Terkait Lakukan Pengecekan Vihara dan Pelabuhan Tanjung Harapan



 

MERANTI - Kapolres Kepulauan Meranti Polda Riau, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, bersama sejumlah instansi vertikal, Sabtu (21/1/2023) pagi, melakukan peninjauan dan pengecekan persiapan pelaksanaan ibadah Imlek Tahun Baru China 2574 Kongzili.

Tidak hanya itu, pengecekan juga dilakukan terhadap pelabuhan Tanjung Harapan dalam rangka pengamanan antisipasi lonjakan arus penumpang yang datang ke kota Selatpanjang.

Kegiatan tersebut ikut dihadiri Kabag Ops Kompol Yudi Setiawan SH MH, Kasat Samapta AKP Timur Brata Yudha N SH, Manajer PT Pelindo Selatpanjang Indra SE, Kabid Keselamatan Pelayaran KSOP Selatpanjang Ade S, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu, dan Danpos AL Selatpanjang Letda (KH) Justin.

"Tadi secara bersama kita meninjau dan mengecek sejumlah klenteng, seperti vihara Sejahtera Sakti Selatpanjang dan pelabuhan Tanjungharapan. Ini dilakukan untuk memastikan keamanan serta kenyamanan umat Tionghua dalam merayakan ibadah pergantian tahun baru China 2574 Kongzili Tahun 2023 Masehi di Kepulauan Meranti," ungkap Andi Yul.

Hasil dari pengecekan itu, sebutnya, didapati bahwa ibadah perayaan tahun baru Imlek akan dilakukan di sebanyak 37 vihara atau klenteng yang ada di daerah ini.Antara lain, untuk di Kecamatan  Tebingtinggi 28 vihara, Kecamatan Pulau Merbau 1 vihara, Tasik Putripuyu 4 vihara, Merbau 1 vihara, Kecamatan Rangsang 2 vihara, dan Kecamatan Rangsang Pesisir 1 vihara.

"Seluruh tempat ibadah telah di ploting personel Polres dan Polsek jajaran bersama dengan instansi terkait. Kita juga memastikan kedatangan dan keberangkatan penumpang di prlabuhan Penumpang Tanjung Harapan berjalan dengan aman dan lancar," tuturnya.

Dimana, sambung Kapolres lagi, bahwa dari hasil pengamanan dilaporkan jumlah penumpang kedatangan telah mengalami kenaikan dengan jumlah total penumpang dari tanggal 15 Januari 2023 sampai dengan hari ini mencapai sekitar 9.500 orang.'Jadi pengamanan yang dilakukan sebagai bentuk kehadiran Polri dan TNI serta instansi lainnya dalam menciptakan keamanan dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Konzili 2023 Masehi," sebut AKBP Andi Yul.

Sementara itu, Kepala KSOP Selatpanjang melalui Kabid Keselamatan Pelayaran, Ade S, mengatakan untuk arus mudik sejauh ini sudah mencapai 7.000 orang lebih."Sampai pada hari ini diperkirakan akan bertambah 9.000 orang. Lonjakan penumpang terjadi pada hari Jumat kemarin," bebernya.

Pihaknya, sebut Ade, memperkirakan pada H+1 puncak arus mudik. "Kita sudah antisipasi dengan penambahan armada dan jadwal kapal penumpang," jelas Ade. (RAMLI ISHAK / HUMAS POLRES MERANTI)****

 

 

Post a Comment

0 Comments