Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Targetkan KLA Utama, Pemkab Meranti Gelar Rakor

 


 

MERANTI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti menggelar rapat kordinasi (Rakor) percepatan menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Ruang Rapat Melati Kantor Bupati, Selatpanjang, Kamis (15/12/2022).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kepulauan Meranti, M Khardafy, SE, M.IP menjelaskan pelaksanaan Rakor tersebut bertujuan meningkatkan komitmen bersama dan optimalisasi peran dan fungsi pemandu pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG)."Serta bersama-sama berkolaborasi untuk menyiapkan bahan penilaian PUG yaitu Anugerah Parahita Ekapraya (APE)," ujarnya.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM yang membuka Rakor bersama satuan kerja terkait berharap sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dapat bersinergi dalam upaya pemenuhan hak-hak anak dan perempuan di wilayahnya."Pengembangan KLA dan PUG ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan menjadi tingkat utama dari sebelumnya tingkat nindya," kata Bupati.

Untuk itu, tambahnya, diperlukan komitmen dan sinergitas dari seluruh stakeholders dalam pemenuhan hak anak dan kesetaraan gender agar lebih terintegrasi, holistik dan berkelanjutan. Mulai dari tahap perencanaan sampai tahap evaluasi.

"Karena anak adalah investasi kita di masa yang akan datang, maka menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas, sehingga mereka akan menjadi modal pembangunan," ungkapnya.

Dia juga berharap melalui Rakor itu, dapat bermunculan inovasi-inovasi baru untuk pemenuhan hak perempuan dan anak. "Kita berharap predikat KLA Meranti dapat dipertahankan bahkan kita tingkatkan sampai ke tingkat KLA Utama," harapnya.

Hadir dalam Rakor tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, perwakilan Polres Kepulauan Meranti, Pengadilan Agama, Fasilitator Nasional Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, pimpinan OPD terkait, Camat Tebing Tinggi, Kades Banglas, Alahair dan undangan lainnya. (PONIATUN/ Prokopim)

 

 

Post a Comment

0 Comments