Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

RAMLI ISHAK ANGKAT BICARA! Kabupaten Kepulauan Meranti Penghasil Minyak Bumi, Penghasil Kayu Alam, Kayu Hutan Bakau, Termasuk Penghasil Sagu Dan Kopi Liberika

 


Meranti LHI

Kabupaten Kepulauan Meranti kabupaten termuda di Riau penghasil minyak dan gas terbesar di Indonesia Blok Rokan Riau!

Meranti juga termasuk penghasil minyak bumi di Pulau Padang, Teluk Belitung dan di Kecamatan Tebing Tinggi Barat di Desa Tanjung Darul Takzim.

Provinsi Riau dibawah Payung Lancang Kuning dalam sejarah, tentu boleh dikatakan sebagai daerah yang kaya dalam segi penghasilan potensi daerah dengan Perhitungan harga minyak bumi di Riau maupun di Meranti jika di hitung berdasarkan mata uang Dolar U$, ditambah lagi dengan penghasilan lain seperti hasil hutan kayu alam dan kayu hutan jenis bakau yang tumbuh dipinggir selat dan sungai di Meranti.

Meranti juga termasuk daerah penghasil sagu yang terbaik di Riau sehingga hasil sagu tersebut sampai dikirm ke Pulau Jawa, Cirebon dan juga keluar negeri negara tetangga di alur Selat Malaka Malaysia.

Kayu arang bakau pun dikirim oleh pengusaha keluar negeri, dan banyak kapal-kapal laut membawa dagangan ke negera tetangga dari Pelabuhan Selatpanjang Meranti ke Malaysia yang dilakukan oleh pengusaha Di Meranti, peluang tersebut sudah lama dijalani oleh pengusaha secara alami, tapi belum  mendapat dukungan sepenuhnya dari petinggi daearah kabupaten maupun provinsi serta pemerintah pusat.

Potensi-potensi yang ada di Meranti sebenarnya bisa menjadi jembatan dalam jalur perdagangan khusus istimewa di Meranti, karena Kabupaten Kepulauan Meranti yang berdekatan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand yang sama-sama tinggal di Alur Selat Malaka , Malaysia yang jarak tempuhnya sangat berdekatan, boleh dikatakan sebagai kawasan segitiga yaitu, Kabupaten Meranti, Tanjung Balai Karimun, Pulau Batam yang sangat istimewa letaknya.

Oleh sebab itu, kepemimpinan H. Muhammad Adil,SH.,MM yang baru sebagai kepala daerah di Meranti dengan sikap berani dan tegasnya dalam bidang pemasukan uang daerah di Meranti diharapkan juga supaya bupati dapat kiranya menjalin kerja sama dengan negara-negara tetangga Malaysia, Singapura dan Thailand demi kesejahteraan masyarakat di Meranti melalui pemerintah pusat.(PONIATUN)

 

Post a Comment

0 Comments