Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Diduga Proyek Siluman, Pekerjaan Rehab Kantor Korwil Kec. Langkaplancar Tidak Pasang Papan Informasi


 


Pangandaran LHI

Proyek pekerjaan rehab kantor Korwil Pendidikan Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran diduga siluman karena tanpa dilengkapi papan informasi dan tidak ada yang tau siapa pelaksananya, berapa anggarannya dan bersumber darimana

Menurut salah satu warga bernama Yuda saat di lokasi pekerjaan proyek rehab kantor Korwil Pendidikan Kecamatan Langkaplancar, memang proyek tersebut tidak di lengkapi papan informasi sehingga menyulitkan bagi siapapun yang melakukan sosial kontrol. Jum'at (2/12/2022).

 Menurut Yuda, pekerjaan rehab kantor Korwil Pendidikan Kecamatan Langkaplancar ini sudah berjalan cukup lama, bahkan kalau dilihat dari progres pekerjaan sudah lebih dari 50%, namun tidak tampak papan informasi, apalagi kalau direksi kit, atau buku tamu, sehingga patut diduga proyek siluman.Semestinya pihak pemborong atau kontraktor memasang papan informasi dan menyiapkan direksi kit sebelum pekerjaan dimulai, ungkap Yuda.

Yuda juga sangat menyayangkan, seperti kepada pengawas lapangan atau pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran yang mempunyai kapasitas untuk memonitoring proyek tersebut tidak menegur atau mengingatkan rekanan agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan.

Padahal jelas sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan, pungkasnya. (AS)

 

Post a Comment

0 Comments