Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Suksesi Banjar Jadi Tuan Rumah Jumlah Medali Meningkat, Tonton Final di YouTube Diskominfo Kota Banjar Jabar!

Banjar, LHI,- Kota Banjar telah sukses merampungkan tugasnya sebagai tuan rumah dua cabang olah raga Porprov XIV Jawa Barat 2022. Keduanya dilaksanakan di area Sport Centre Langensari Kota Banjar yang berakhir Hari Kamis (17/11/2022). 

Kali pertamanya Banjar menjadi tuan rumah cabor sepak bola putri yang dihelat sejatinya penuh fair play, sejak tanggal 3 November 2022 hingga 14 November 2022 di stadion Gelora Banjar Patroman. Begitu juga cabor bermotor Grasstrack sukses dilaksanakan pada tanggal 15 - 17 November 2022. 


Kesuksesan Banjar sebagai tuan rumah tidak lepas dari peran utama KONI Kota Banjar bersama Pemerintah Kota Banjar dan semua masyarakatnya. 


Kepala Dispora Kota Banjar Dedi Suardi, S.Pd., M.Si. menjelaskan, meskipun  atlet Kota Banjar untuk cabor kesebelasan putri belum dapat maksimal. Akan tetapi dilihat dari pendapat para peserta sepak bola putri, mereka mengakui bahwa lapang stadion Gelora Banjar Patroman sangat bagus sesuai dengan harapan masyarakat Jawa Barat. 


"Kota Banjar punya dua tempat yang sudah layak bertarap Nasional. Untuk penyelengaraan Banjar selaku tuan rumah sepak bola putri itu sudah maksimal, mendengar pendapat dari para peserta yang mengikuti bahwa lapangannya oke dan kepanitiaannya baik sangat sigap. Kemudian untuk bermotor grastrack, sirkuitnya juga oke sesuai dengan syarat tekhnis yang telah ditetapkan oleh panitia provinsi Jawa Barat dimana memiliki kesesuaian yang diharap oleh insan olah raga Jawa Barat." Urai Dedi.


Selain sebuah kebanggaan, Banjar selaku tuan rumah juga berefek bagi peningkatan ekonomi masyarakat Banjar dan Banjar ke depannya harus labih bersiap diri memaksimalkan fasilitas pendukung lainnya, bukan tidak mustahil akan menjadi tuan rumah olah raga di ajang lainnya, harapnya.


Ir. Soedrajat Argadiredja selaku Ketua KONI Kota Banjar menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan Banjar dapat apresiasi  yang luar biasa dari KONI Jabar. Kota Banjar Kota yang notabene adalah Kota kecil mendapat sebuah kehormatan menjadi tuan rumah dua cabor Porprov Jabar 2022. 

"Syukur Alhamdulillah dua cabor sudah berjalan dengan sukses lancar, aman, tanpa ada hal - hal yang tidak kita inginkan. Kita bisa lihat di daerah lain ada work out, protes dan sebagainya. Insya Allah ini menjadi komitmen kita, ketika aturan main yang telah disepakati oleh bersama dan diterapkan secara konsisten tidak akan menimbulkan prahara." Ujar Soedrajat. 


Kontingen Kota Banjar pecah telur memperoleh medali emas dari cabor gateball yang menandai naiknya perolehan sementara jumlah medali dengan 1 medali emas, 5 perak dan 1 perunggu. Cabor grasstrack Banjar berhasil menambah dua medali perak yang awalnya menargetkan dua emas.

Ajat menegaskan, atas prestasi yang sudah dicapai dengan perolehan 1 medali emas, 5 perak dan 1 perunggu menurutnya hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan bahwa bangkitnya olah raga berprestasi Kota Banjar itu kita implementasikan, realnya memang ada.


"Di Porprov Jabar 2018 perolehan medali sebelumnya, Banjar dari 1 perak 3 perunggu dan kita sekarang sudah meraih 1 emas, 5 perak, 3 perunggu. Artinya ada kenaikan prestasi yang lumayan." Katanya. 


Perolehan medali sementara di ajang Porprov Jabar masih berjalan untuk peringkat pertama masih diduduki Kabupaten Bekasi. Soedrajat menyayangkan target emas di grasstrack gagal diraih Banjar, tetapi dirinya menyadari dalam sebuah permainan tidak lepas dari faktor keberuntungan. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua kontingen Banjar yang telah berjuang habis - habisan.


"Koni Banjar di 2023 akan melakukan evaluasi dan pembenahan internal juga kepengurusan di cabor - cabor. Tujuanya adalah agar sistem dipengurusan dapat berjalan baik. Nah itu akan kita benahi." Kata Soedrajat. 


Koni Banjar akan memberikan perhatian khusus guna mendukung pembinaan para cabor dan atlet yang telah berprestasi dan akan terus berbenah diri untuk peningkatan dunia olah raga Kota Banjar. Soedrajat menegaskan salah satu program Binpres Koni Banjar untuk pertama kalinya pada Tahun 2023 akan mengadakan pekan olah raga Kota (Porkot) dengan mempertandingkan cabor - cabor yang banyak diminati mulai dari tingkat kecamatan dan Kota. Tujuan utamanya untuk memunculkan atlet orang Banjar sebagai wakil Kota Banjar ke depannya agar lebih berprestasi. 


Dengan perealisasian tidak oftimalnya anggaran yang diberikan ke KONI Banjar, akan tetapi tidak menyurutkan semangat olah raga Banjar bangkit berprestasi. Hal itu dibuktikannya atas adanya Kontingen Banjar mendapat medali emas dan peningkatan perolehan medali perak dan perunggu. 


"Terima Kasih Panda dan semua pihak atas dukunganya. Kita sudah berbuat banyak dan membuktikannya. Mohon diperhatikan kepada Pemkot Banjar dari sisi anggaran dapat lebih di oftimalkan lagi, karena itu bagian dari peningkatan SDM dan IPM juga dapat dilihat dari situ." Kata Soedrajat. 


Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana hadir dan mengalungkan medali kepada para juara di sirkuit grasstrack sport centre Langensari Kota Banjar menuturkan, Pemkot Banjar ke depannya akan memperhatikan cabor - cabor yang ada dan mendorong potensi yang memungkinkan menjadi juara. 

"Kita Pemerintah Kota Banjar akan terus memperhatikan dan mendorong pembinaan yang rutin terus menerus yang dilaksanakan oleh KONI melai cabor - cabor yang ada di Kota Banjar." Ujar H. Nana. 


Kepala bidang olah raga Dispora Kota Banjar Ruhimat menambahkan, pihaknya selaku OPD terkait telah berupaya semaksimal mungkin baik dari mulai persiapan termasuk mendukung hadir secara langsung dilokasi pertandingan cabor - cabor Kontingen Kota Banjar yang berlaga di Porprov Jabar XIV. 


Ketua Panpel Banjar tuan rumah Cabor grasstrack H. Yoyo Suharyono berterima kasih kepada semua kepanitiaan dan warga Langensari yang telah mendukung dan bekerja sama, baik siang dan malam dari mulai persiapan sampai selesai, sehingga acara dapat sukses digelar.

Dinas Kominfo Kota Banjar berperan penting pula dengan menyiarkan secara langsung pada babak final kedua cabor Banjar selaku tuan rumah sepak bola putri dan bermotor grasstrack. Semuanya itu tiada lain untuk memuaskan layanan kepada masyarakat Jawa Barat, Live streaming tersebut dapat ditonton kembali di kanal YouTube Diskominfo Kota Banjar Jabar dan akan terus menjadi dokumentasi catatan sejarah dan kebanggan Kota Banjar serta warga Jabar umumnya. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments