Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Pemdes Parit Kebumen Sedang Aktif Dalam Pembangunan


Rupat,LHI

Desa Parit Kebumen adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau. Wilayah Desa Parit Kebumen mencakup beberapa Dusun, RT dan RW yang telah dipimpin oleh beberapa kepala desa dari dulunya. dimana parit kebumen dijadikan sebagai pusat pemerintahan desa.

Pada zaman dahulu asal usul Desa Parit Kebumen masih hutan belantara dan belum dijamah oleh tangan manusia. Namun pada tahun 1950 datang seorang laki-laki yang gagah berani yang bernama SANKARTA berusaha dengan semangat yang kuat untuk membuka hutan belantara tersebut bersama anggotanya. Sosok seorang Sankarta yang dikenal dengan sebutan Mbah Kasan adalah seorang laki-laki yang berasal dari Kebumen Jawa Tengah yang memberanikan diri berlayar dengan menumpang kapal Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menuju ke Bengkalis dan akhirnya sampai didesa Teluk Lecah Kecamatan Rupat.

Setelah sampai di desa Teluk Lecah, Sankarta bersama anggotanya membuat pondok untuk dapat berteduh. Kemudian membuka lahan dengan menebang hutan untuk bercocok tanam dan perkebunan karet sebagai penopang mata pencaharian untuk memnuhi kebutuhan hidup sehari-hari serta keperluan sandang pangan untuk anggotanya yang saat itu masih dalam satu rumah/pondok besar.

Kemudian pada tahun 1954 Mbah Kasan (Sankarta) pulang ke Jawa Tengah. Hanya satu minggu di Jawa Tengah Mbah Kasan Kembali ke Parit Kebumen denganmembawa rombongan dengan tujuan untuk dapat melanjutkan dan bekerjasama dengan rombongan terdahulu dalam memperluas lahan perkebunan karet dan tanaman palawija lainnya.

Mulai saat itulah (tahun 1954 s/d 1963) diantara mereka ada yang sudah membangun rumah tangga sehingga tahun demi tahun penduduknya bertambah dan akhirnya menjadi sebuah dusun yang diberi nama Parit Kebumen Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat.

Tahun demi tahun berlalu dan penduduk dusun Parit Kebumen Desa Teluk Lecah semakin bertambah dan bertambah, dan setelah penduduk Dusun Parit Kebumen mencapai 250 Kepala Keluarga, maka pada tahun 2001 masyarakat Dusun Parit Kebumen sepakat mengajukan Proposal Pemekaran Desa yang akhirnya pada tanggal 18 Agustus 2004 Dusun Parit Kebumen berubah menjadi sebuah Desa yang diberi nama Desa Parit Kebumen.

Adanya kucuran dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK)Bermasa tahap ke-2 program pembangunan unggulan Bupati Kabupaten Bengkalis “Kasmarni S.Sos,M.MP” , Kepala Desa Parit Kebumen Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau” Sabaruddin”, telah melaksanakan dari Program Dana Bermasa Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kucuran dana tahap ke-2 pembuatan pembangunan lanjutan smenisasi infrastuktur jalan Inbup Dusun 3 menuju Dusun 2 sukses dikerjakan100% selesai, Sabtu 26/11/2022.

Pembangunan Dana Desa program BERMASA Bantuan Keungan Khusus ((BKK) tahap ke-2 , khususnya pembangunan fisik Smenisasi Jalan Inbup Dusun 3 menuju Dusun 2 Desa Parit Kebumen, Volume 146x3x0,12m dengan biaya Rp 158.157.000 Rupiah dengan tujuan peningkatan mutu jalan untuk dapat memudahkan transportasi warga ke obyek perkebunan masyarakat sehingga dapat meningkatkan lajunya perkembangan perekonomian masyarakat,khususnya Desa Parit Kebumen, ungkap Sabaruddin, Kepada Jurnalis Pulau Rupat (26/11/2022), pkl.18:53’wib.

Pemerintah Desa Parit Kebumen telah melaksanakan sejumlah pembangunan program bermasa Bantuan Keuangan Khusus(BKK) Bermasa tahun anggaran 2022, tahap  pertama dan kedua.

Sabaruddin mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bengkalis yang kooperaktif dalam upaya meningkatkan pembangunan desa – desa melalui program sakti “Bupati Bengkalis” ke desa-desa se- Kabupaten Bengkalis,khususnya Desa Parit Kebumen,”jelas nya.

Namun demikian, dengan kucuran dana Desa BERMASA tersebut,   kami  dapat melakukan perluasan pembangunan hingga ke pelosok desa, dan manfaatnya tentunya dapat menyentuh kepada masyarakat, diterangkannya ke Jurnalis Pulau Rupat sejak Sabtu pkl.18:53’Wib, melaui pesan WhatsApp” (SUPRAPTO)****

 

Post a Comment

0 Comments