DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

TP PKK Desa Pancur Jaya Berhasil Membuat Olahan Syrup Asam Paya


Rupat, LHI

Asam Paya dalam bahasa latinnya disebut eleiodoxa adalah genus monotypic tanaman berbunga dalam keluarga palm ditemukan di Asia Tenggara. Satu-satunya spesies, eleiodoxa conferta, adalah tumbuhan dioecious, yang tinggal di rawa, yang biasa disebut dalam bahasa Melayu sebagai asam kelubi .

Tim Penggerak PKK Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis kreatif dalam  menyulap buah lokal asam paya / salak hutan menjadi berbagai produk pangan olahan.

Menurut keterangan, dr.Nelya Sasmita Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pancur Jaya mengulas, kalau Asam Paya merupakan suatu Tanaman berbuah seperti salak tanaman hutan tanah rawa itu dapat di olah menjadi beragam jenis makanan olahan dan minuman instan yang kaya mengandung vitamin C menurut Nelya

”Minuman yang berasal dari buah asam paya yang identik kaya akan vitamin C.  Disamping itu selain terdapat kadar vitamin C yang tinggi dan berpotensi sebagai penangkal radikal bebas" ujar Nelya Sasmita kepada LHI pada Senin (31/10/2022).

Ia menambahkan minuman olahan yang berasal dari buah lokal itu mengandung   vitamin C   dan identik memiliki sifat antioksidan yang berasal dari vitamin C. Antioksidan ini berperan untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas terhadap kesehatan tubuh. Dia menambahkan, kalau Desa Pancur Jaya memiliki beragam jenis Produk unggulan.

”Produk unggulan Desa Pancur Jaya yag di kelolai oleh TP PKK yaitu berupa olahan syrup asam paya, asinan asam paya, bonbon asam paya, dan sirup olahan dari tanaman Rosela.”Pungkas Nelya Sasmita Ketua Tim Penggerak PKK. (SUPRAPTO)****

 

Post a Comment

0 Comments