Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Pemdes Hutan Panjang Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Budidaya Tanaman Aren


Rupat, LHI

Pemerintah Desa Hutan Panjang Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau sosialisasikan pelatihan Budidaya Tanaman Aren konsep perkebunan bertempat di aula Kantor Desa setempat, Selasa, (4/10/2022).

Dari Hasil Pantauan Jurnalis Pulau Rupat, Kegiatan Sosialisasi Budidaya Tanaman Aren  Berjalan Lancar, Aman dan Tertib. kegiatan sosialisasi tersebut, turut dihadiri oleh Kepala Desa Hutan Panjang Amran, Ketua BPD dan Anggota PMD Kecamatan Rupat, Arif, PD Pemberdayaan Zaidi. S Pd, PDL Khairi, PDP Rusnaini A.md, Kepala Dusun beserta Anggota Kelompok Tani(Poktan) Desa Hutan Panjang.

Sosialisasi Budidaya tanaman aren tersebut menghadirkan narasumber Koordinator Kabupaten, Herdian dan PT.Sultan Aren Indonesia, Ilham Syahputra, ST.

Mengawali sambutannya, Kepala Desa Hutan Panjang, Amran menyampaikan, agar para kelompok tani sebagai peserta untuk dapat mengikuti sosialisasi dan pelatihan tanaman aren ini dengan serius, mulai cara penanaman, perawatan, hingga ke masa panennya.

Dijelaskannya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, tahun 2022 ini pemerintah desa Hutan Panjang tidak lagi mengalokasikan dana desa (DD) untuk program pemberdayaan bantuan kepada kelompok masyarakat berupa sapi, ayam dan nelayan, akan tetapi kita merubah pola melalui budidaya tanaman aren kepada kelompok tani, sebut Amran.

Menanam pohon aren ini banyak manfaatnya, selain airnya berkhasiat untuk kesehatan tubuh, juga dapat menghasilkan gula aren dan dapat dipasarkan guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dipenghujung sambutannya, Kepala Desa Hutan Panjang, Amran mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah memberikan materi dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan budidaya tanaman aren konsep perkebunan kepada para peserta.

Semoga, melalui pelatihan budidaya tanaman aren ini, dapat di kembangkan dan di aplikasikan guna dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari, ungkap Amran menutup sambutannya.(SUPRAPTO)****

Post a Comment

0 Comments