DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Kabupaten Rokan Hilir Dapat Giliran Menjadi Tuan Rumah Sebagai Pusat Perhelatan MTQ XL Provinsi Riau Tahun 2022



Bagan Siapiapi - LHI

Mendapat giliran sebagai  tuan rumah pelaksanan MTQ XL Provinsi Riau tahun 2022,Pemda dan seluruh Jajaran OPD serta masyarakat Rokan Hilir bersenargi sukseskan pelaksanaan MTQ tersebut.

Untuk l memulai pelaksananan MTQ XL itu diawali dengan Rapat Persiapan MTQ Tingkat Provinsi Riau, Seluruh Kabupaten Kota yang di Ikuti dengan Pencabutan Nomor Undian Bazar dan Pawai Ta'aruf pada Hari Jum'at 01/07/2022.

Rapat persiapan dan pencabutan undian itu dipusatkan di Gedung Misran Rais dan dihadiri Asisten l Provinsi Riau, Kakan Kemenag Riau, Sekda Rohil, Ketua LPTQ Provinsi Riau serta berbagai unsur lainnya.


Asisten l Provinsi Riau Masrul Kasmy dalam sambutannya mengatakan bahwa, semua Kabupaten kota hadir dalam pencabutan undian bazar dan pawai ta'aruf. Persiapan yang paling penting katanya, adalah kafilah  dan keabsahan peserta yang akan ditetapkan  pada tanggal 22 juli 2022 mendatang.

"Kemudian yang tak kalah penting adalah  persiapan dan pemberitahuan kepada masyarakat akan pelaksanaan MTQ XL tingkat Provinsi Riau. Sehingga seluruh masyarakat demam MTQ, " katanya.

Namun lanjutnya, persiapan dan penyebaran informasi ini bukan hanya tugas Pemkab Rohil dan Kominfo Rohil semata. Namun, juga kerjasama semua pihak.

"Kamu juga dari pemerintah Provinsi akan membantu memberikan informasi kepada seluruh masyarakat baik melalui media massa dan sarana lainnya," paparnya.

Apalagi tambahnya, momen pelaksanaan MTQ ini merupakan salah satu wadah yang sangat tepat dalam mempromosikan ekonomi daerah seperti UMKM dan lainnya. "Sehingga ini dorongan yang sangat kuat untuk peningkatan ekonomi dan usaha masyarakat. Apalagi sudah 2 tahun MTQ tingkat Provinsi Riau tidak pernah dilaksanakan karena pandemi Covid-19, " terangnya.


Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong yang diwakili Sekda Rohil Fery H Parya mengatakan, pelaksanaan undian stand dan bazar telah dilaksanakan secara bersama. Sehingga, Ia berharap para peserta dari Kabupaten Kota sudah bisa melakukan persiapan untuk pembangunan bazar dan persiapan pawai taaruf.

Gubernur melalui Asisten sebutnya, juga berharap Rohil selaku tuan rumah agar terus menggencarkan informasi kepada masyarakat bagaimana pelaksanaan MTQ ini bisa di ketahui seluruh lapisan masyarakat.

"Ini merupakan pertemuan kedua sejak dilakukan ekspose kepada gubernur Riau, alhamdulillah kita sudah punya jadwal pelaksanaan MTQ ini," jelasnya.

Sekda memaparkan, kemeriahan pelaksanaan MTQ di Rohil akan mulai dirasakan dari tanggal 22 Juli 2022. Hal ini sebutnya, dikarenakan Rohil akan mulai melakukan penyambutan peserta dari Kabupaten Kota yang ada di Riau.Sebagai tuan rumah katanya lagi, Rohil lebih fokus pada suksesnya penyelenggaraan dan suksesnya prestasi. "Dalam pelaksanaan MTQ ini kita berharap seluruh qori dan qoriah bisa menampilkan yang terbaik sehingga kita bisa menjadi yang terbaik di MTQ tingkat Provinsi Riau ini," pungkasnya.


 

Lakukan Peninjauan, Bupati Rohil Minta Persiapan MTQ Tingkat Provinsi Riau Terus Digesa

Bupati Rokan Hilir (Rohil)  Afrizal Sintong bersama Wakil Bupati H Sulaiman melakukan peninjauan persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi, Senin (11/7/2022).

MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022 ini dipusatkan di taman Budaya, Batu Enam, Bagansiapiapi. Dalam peninjauan itu, Bupati dan Wabup melihat secara langsung perkembangan persiapan baik dari pembangunan astaka utama maupun lainnya.

"Hari ini kami meninjau persiapan MTQ tingkat provinsi Riau yang ke-40, seluruh OPD kita gerakan untuk menyelesaikan persiapan, " kata Bupati.

Dari hasil peninjauan lanjut Bupati, persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi sudah berada pada kisaran 60 persen.


Dikarenakan waktu yang tinggal beberapa hari lagi, dalam peninjauan itu Bupati kembali menekankan kepada seluruh OPD yang terkait agar terus menggesa dan menyelesaikan seluruh rangkaian persiapan.

"Karena waktu kita hanya tinggal 10 hari lagi, tanggal 25 kita sudah mulai pembukaan dan tanggal 31 selesai jadi kami berharap kepada seluruh OPD untuk menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan MTQ ini," paparnya.

Meski demikian, Bupati sangat optimis seluruh persiapan akan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sebab katanya, saat ini pemerintah daerah fokus pada persiapan pelaksanaan MTQ ."Memang masih banyak yang harus di gesa, namun kita yakin sebelum tanggal 23 ini sudah selesai semuanya," sebutnya.

Bupati juga berharap berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Rohil agar bersama-sama mendukung pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Rohil.


Gubri Lantik Dewan Hakim MTQ XL Tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi

Gubernur Riau H Syamsuar secara langsung melantik Dewan Hakim MTQ Ke-40 Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 yang di selenggarakan di depan Mess Pemda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Sabtu (23/7/2022) malam.

Malam taaruf dan pelantikan dewan hakim tersebut tampak dihadiri Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Mantan Menteri Agama RI Prof. DR. H. Said Agil Husen Al Munawar, Lc. MA, Ketua LPTQ Provinsi Riau, Wabup Rohil H Sulaiman, ketua DPRD Rohil Maston, para Bupati dan Walikota se Provinsi Riau serta berbagai unsur lainnya.

Sambutan Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur, Sekjen Kemendagri, mantan Menteri Agama RI, para Bupati dan Walikota dan seluruh khafilah di ibu kota Bagansiapiapi.

Bupati menyebutkan, momentum ini selain sebagai bentuk penghormatan kepada para khafilah, juga sebagai ajang mempererat ukhuwah Islamiyah dan juga simbol persatuan dan kebersamaan hidup damai yang terajut erat, rukun dan harmonis dalam bingkai toleransi.

"Semoga momentum yang berharga ini membawa kedamaian bagi kita semua, serta mendorong terjadinya pembaharuan sikap mental, moralitas, dan perilaku masyarakat untuk secara sadar tetap berpegang teguh pada tuntunan dan nilai-nilai ajaran gama," katanya.

Bupati menyampaikan ucapkan terimakasih terkhusus kepada Gubernur Riau yang sudah mempercayakan Kabupaten Rokan Hilir sebagai tuan rumah dalam rangka menyelenggarakan MTQ Ke-40 Tingkat Provinsi Riau.

Kepada para dewan hakim yang baru dilantik kata Bupati, bahwa tugas dewan hakim merupakan suatu kepercayaan dan

kehormatan yang diberikan, karena tugas yang akan dilaksanakan menyangkut keputusan hukum yang harus dipertanggung jawabkan, baik kepada Allah SWT maupun kepada umat manusia, selain itu tugas Dewan Hakim juga

suatu tantangan, ujian dan cobaan.

"Oleh sebab itu, kejujuran dan sikap independent sebagai dewan hakim sangat dibutuhkan agar menjaga amanah dan tanggungjawab yang diemban, saya ucapkan selamat bertugas kepada Para Dewan Hakim yang baru dilantik semoga dalam menjalankan tugas dan amanah yang diemban," jelasnya.


Sementara itu, Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa syukur karena pengukuhan dewan hakim pada MTQ XL tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi berjalan lancar.

"Kami yakin dewan hakim yang baru dilantik memiliki kemampuan untuk memberikan penilaian dalam bidangnya masing-masig," sebut Gubernur.

Gubernur menyebutkan, penilaian yang objektif sangat dibutuhkan dalam perhelatan MTQ ini. Sehingga, hasilnya memiliki kwalitas sebagai mana yang di harapan.

Sebagai dewan hakim tambah Gubernur, harus berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi masyarakat juga harus memiliki keikhlasan dan berani bertanggung jawab untuk menjamin kerahasiaan dan keadilan memberikan penilaian pada pelaksanaan MTQ Ke-40 Tingkat Provinsi Riau kali ini.

Dewan hakim harus benar-benar memberikan penilaian dan memutuskan para pemenang dalam setiap cabang musabaqoh secara objektif dan benar, penilaian terbaik diberikan kepada para peserta yang memiliki kemampuan, kelayakan dan kepantasan untuk menjadi pemenang.

"Karena kelak para pemenang tersebut akan dipersiapkan sebagai duta maupun utusan yang akan mewakili Provinsi Riau untuk mengikuti perhelatan MTQ Tingkat Nasional Ke-29 Tahun 2022, yang Insya Allah akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Selatan pada bulan Oktober mendatang," pungkasnya.

 



Dilepas Gubernur, Ribuan Warga Saksikan Pawai Ta'aruf MTQ Riau di Rohil

Ribuan official hp dan peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XL Tingkat Provinsi Riau meramaikan pawai ta'aruf tanda dimulai MTQ Riau tahun 2022, di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Minggu (24/7/2022).

Peserta pawai ta'aruf terdiri dari 12 kabupaten/kota se-Riau, mereka menampilkan ciri khas dan keunggulan masing-masing daerah.

Tak hanya itu, ribuan warga tumpah ruah menyaksikan penampilan 12 kafilah MTQ kabupaten/kota. Apalagi setelah 2 tahun event keagamaan itu sempat tertunda karena pandemi Covid-19.


Pawai ta'aruf dilepas langsung oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong. Orang nomor satu di Riau itu menyambut dengan riang dari panggung mimbar kehormatan di lokasi pelaksanaan MTQ Riau sambil sesekali melambaikan tangan kepada para peserta pawai.

Gubri mengatakan, bahwa pawai ta’aruf merupakan tradisi masyarakat dalam menyambut pelaksanaan MTQ setiap tahunnya, dan sudah menjadi agenda rutin dilaksanakan.


Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa pawai taaruf merupakan rangkaian MTQ ke 40 tahun 2022. Dimana katanya, pelaksanaan taaruf yang sering dimaknai sebagai ajang silaturahmi antara kafilah dan merupakan syiar islam.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh kontingen yang telah hadir dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi. "Kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja keras dalam menyiapkan dan mensukseskan perhelatan MTQ ini tentunya kami ucapkan terimakasih," sebut Bupati.


Untuk diketahui, MTQ XL Provinsi Riau dimulai 24 Juli 2022 hingga 31 Juli 2022 mendatang. Dengan diikuti 583 orang peserta, berasal dari 12 kabupaten/kota di Riau.

Adapun rincian peserta tersebut berasal dari Kabupaten Bengkalis sebanyak 50 orang, Indragiri Hilir 52 orang, Indragiri Hulu 52 orang, Kampar 53 orang, Kepulauan Meranti 14 orang, Kuantan Singingi 52 orang.

 


Gubernur Riau Secara Resmi Buka Perhelatan MTQ XL Tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi

Gubernur Riau H Syamsuar secara resmi telah membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XL tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Minggu (24/7/2022) malam.

Pembukaan MTQ ke 40 yang dipusatkan di taman Budaya, Batu Enam tersebut ditandai dengan penekan tombol sirine dan pemukulan beduk yang berlangsung dengan begitu meriah dan disaksikan ribuan masyarakat.


Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, Provinsi Riau adalah Provinsi yang memiliki budaya melayu dan sangat identik dengan islam dan tentunya memiliki kuantitas islam yang sangat tinggi.

Namun kata Gubernur, kuantitas saja tanpa di bareng dengan kwalitas maka akan sulit tercapai. Sehingga, perbaikan kwalitas wajib di lakukan.

"Melalui MTQ ini kita berupaya agar alquran senantiasa di pelajari dan diamalkan agar tumbuh keinginan dalam mempelajari alquran," katanya.

Tujuan pelaksanaan MTQ ini lanjutnya, memang prestasi adalah utama. Namun, disamping itu syiar islam juga sangat penting.

Gubernur menerangkan, tahun 2022 ini MTQ ke 40 tingkat Provinsi Riau di amanahkan dilaksanakan di Rohil. Dimana, beberapa tahun sebelumnya pelaksanaan MTQ tidak dapat dilakukan karena pandemi Covid-19 dan ini merupakan perdana dilaksanakan.

"Oleh karena itu kita patut bersyukur kepada Allah dan mari kita syiarkan alquran di negeri ini melalui MTQ, " paparnya.


Gubernur juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terkhusus kepada Bupati dan Wabup serta Forkopimda dan seluruh masyarakat Rohil yang telah dapat melaksanakan perhelatan MTQ dengan semarak dan khidmat.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan bahwa MTQ ini merupakan salah satu sarana silaturahmi bagi seluruh kafilah se Provinsi Riau. "Atas nama Pemda dan masyarakat kami menyampaikan ucapan selamat datang kepada qori dan qoriah se Provinsi Riau di Bagansiapiapi," kata Bupati.

Sebagaimana kita imani bersama sebut Bupati, kitab suci alquran merupakan sebagai tuntutan bagi umat manusia dan menjadi pedoman hidup bagi umat islam."Alquran memberikan pencerahan bagi siapa saja yang membacanya. Melalui alquran kita dapat mengetahui rahasia alam yang ada.  Islam itu menolak kebencian dan fitnah dan selalu mengagungkan persatuan dan kesatuan serta toleransi," jelas Bupati.

Kepada para kafilah, Bupati mengucapkan ucapkan selamat bermusabaqoh dan berharap dengan musabaqoh ini dapat menghadirkan qori dan qoriah yang handal."Karena para pemenang nantinya akan menjadi duta pada pelaksanaan MTQ ke 22 tingkat Nasional yang akan berlangsung di Kalimantan Selatan," terangnya.


Bupati menambahkan, MTQ ini tidak semata untuk bertanding dan membaca alquran saja, namun juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama dan memperkuat ukhuwah Islamiyah.

"Kepada para kafilah yang akan bertanding kami doakan senantiasa diberkahi dan mendapat prestasi yang gemilang. Kepada masyarakat Rohil mari sambut seluruh tamu kota yang datang dengan memberikan pelayanan yang baik," harapnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam mensukseskan perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi.

Pembukaan MTQ XL tingkat Provinsi Riau itu juga dihadiri anggota DPR RI Arsyad Juliandi Rahman, Danrem 031/WB diwakili oleh Kasilog KOREM 031/WB Kolonel Cpl R. Wahyu WGS, Dan Lanal Dumai yang diwakili oleh Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Prianto SH.MH, Kapolda Riau diwakili Dir Binmas Polda Riau AKBP Wendry Purbiantoro SH, Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, Forkompinda Kabupaten Rohil dan berbagai unsur lainnya.

 


Ditutup Wagubri, Rokan Hilir Juara Umum MTQ XL Tingkat Provinsi Riau

Wakil Gubernur (Wagub) Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy  Natar Nasution secara resmi menutup perhelatan MTQ XL Tingkat Provinsi Riau yang di pusatkan di lapangan MTQ Kabupaten Rokan Hilir (Rohil),  Jumat (29/7/2022) di Bagansiapiapi.

Dalam perhelatan kali ini, selaku tuan rumah Kabupaten Rokan Hilir keluar sebagai juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XL tingkat Provinsi Riau.

Rohil berhasil mengalahkan 11 kabupaten/kota lainnya setelah meraih juara 1 sebanyak 12 cabang, juara 2 sebanyak 20 cabang dan juara 3 sebanyak 5 cabang dengan total nilai 95.

Kemudian disusul urutan kedua Kota Pekanbaru meraih juara 1 sebanyak 5 cabang, juara 2 sebanyak 10 cabang dan juara 3 sebanyak 3 cabang, total nilai 58.

Urutan ketiga Kabupaten Bengkalis meraih juara 1 sebanyak 7 cabang, juara 2 sebanyak 4 cabang dan juara 3 sebanyak 7 cabang, dengan total nilai 54 poin.

Selanjutnya, Kabupaten Kampar 34 poin, Siak 32 poin, Pelalawan 28 poin, Kepulauan Meranti dan Rokan Hulu 26 poin, Kuansing 17 poin, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir 13 poin, terakhir Kota Dumai 12 poin.

Wagubri Edy Natar Nasution yang menutup pelaksanaan MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 mengatakan, jika upaya untuk meningkatkan Provinsi Riau yang maju sangat bergantung kepada sumber daya manusia (SDM), karena itu semua pihaknya harus memiliki perhatian yang besar terhadap peningkatan SDM. 

Dengan begitu, diharapkan sasarannya adalah terwujudnya SDM bertakwa, pekerja keras yang dinamis, terampil, memiliki pengetahuan ilmu teknologi dan berahlak mulia.

"Karena itu, peran masyarakat Islam yang mayoritas di Provinsi Riau sangat menentukan untuk mempersiapkan SDM yang unggul di Provinsi Riau. Untuk mempersiapkan unggul ini juga disebut dalam Alquran dan Hadist," terangnya.

Untuk itu, lanjut Wagubri, melalui momentum MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 yang dilaksanakan di Rohil ini, hendaknya Alquran dan Hadist dijadikan sebagai pegangan dan pedoman hidup yang hakiki untuk membentuk kepribadian umat Islam di Provinsi Riau.

"MTQ ini merupakan sebuah momen bagi umat Islam untuk merefleksikan Alquran dengan membaca dan memahami sesuai standar yang disusun oleh para ulama. Karena bacaan yang bagus, hafalan lancar dan pemahaman benar yang disajikan di MTQ ini merupakan salah cara umat Islam untuk mempedomani Alquran sebagai kaum yang bertakwa," ungkap Wagubri.

Lebih lanjut Wagubri mengatakan, MTQ ini sebagai saran untuk mendorong generasi muda untuk meningkatkan kualitas bacaan, hafalan dan pemahaman Alquran.

"Untuk itu, melalui MTQ kita berharap kedepan akan lahir generasi emas yang hatinya terikat dengan Alquran, dan memiliki semangat untuk mengetahui ilmu teknologi serta keinginan terus berinovasi untuk kemaslahatan umat dan bangsa yang kita cintai ini,"

Selain itu, Wagubri Edy Nasution berharap melalui MTQ ini bisa dijadikan siar Islam dan kegiatan yang positif, sehingga bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat."Alhamdulillah pelaksanaan MTQ Riau tahun 2022 di Rohil berjalan aman dan lancar. Tahniah kepada peserta yang telah meraih prestasi yang gemilang. Namun kami berharap prestasi yang diraih dijadikan sebagai motivasi untuk terus mengasa dan meningkatkan kemampuan. Begitu juga peserta yang belum meraih prestasi pada helat MTQ ini untuk terus belajar, agar bisa meraih kedepan bisa meraih prestasi," tukasnya.


Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, atas nama pribadi dan masyarakat Rohil, Afrizal Sintong mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang telah memberikan kontribusi demi terselenggaranya MTQ XL Tingkat Provinsi Riau yang telah berlangsung sejak 22-29 Juli.

"Semoga partisipasinya menjadi catatan amal ibadah yang diridhoi oleh Allah," harapnya.

Kepada para Khafilah yang mendapatkan juara pada perhelatan ini, bupati mengucapkan selamat dan tahniah. Dia berharap prestasi yang diraih dapat berguna dan bermanfaat serta bisa dipertahankan dimasa mendatang.

Bagi Khafilah yang belum mendapatkan juara, bupati meminta agar terus berlatih dan memacu diri untuk merah prestasi pada kesempatan yang akan datang."Saya mengingatkan bagi Khafilah yang menang maupun belum, bahwa semangat bermushabaqah untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat baik kita untuk meningkatkan syiar Al-Qur'an dan membudayanya dalam kehidupan umat Islam," jelasnya."(ADV / SYAIPUL BAHRI )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rabu 20 Juli 2022

 

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Rokan Hilir Tanam Ribuan Pohon

 

Rokan Hilir - LHI

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang jatuh pada setiap tanggal 05 Juni, adalah momentum refleksi seluruh dunia tentang pentingya mengambil peran dalam aksi kolektif bersama-sama untuk mencapai tujuan keadilan lingkungan hidup yang sehat dan berkelanjutan.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang di inisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan peringatan hari lingkungan hidup sedunia dengan menaman ribuan pohon berbagai jenis dan berbagai kegiatan lainnya, Kamis (9/6/2022).

Peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang dipusatkan di eks danau buatan, tepatnya di jembatan pedamaran l itu secara langsung dibuka oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Wabup Rohil H Sulaiman bersama ketua TP PKK Sanimar Afrizal dan berbagai unsur lainnya.

Kepala DLH Rohil Suwandi dalam laporannya mengatakan, sesuai tema hari lingkungan hidup sedunia "Satu Bumi Untuk Masa Depan" maka Pemkab Rohil berupaya menciptakan lingkungan yang sehat untuk bumi itu sendiri dan kelangsungan seluruh makhluk hidup.

"Pelaksanaan peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat kabupaten Rohil sengaja kita dilaksanakan di taman ini. Karena taman ini merupakan taman hijau yang saat ini sedang kita tata," katanya.

Suwandi juga menargetkan eks danau buatan tersebut akan menjadi destinasi wisata baik untuk masyarakat Rohil maupun masyarakat yang datang dari luar.

Untuk mewujudkan hal tersebut lanjutnya, DLH telah melaksanakan penataan dari berbagai segi baik taman, kolam dan fasilitas lainnya."Kita juga telah melaksanakan penanaman ribuan pohon dan menaburkan ribuan bibit ikan," paparnya.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dibacakan Bupati Rohil Afrizal  Sintong mengatakan bahwa, Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) ditetapkan oleh Majelis

Umum PBB dari peristiwa Konferensi Stockholm, Swedia pada tanggal 5-6 Juni tahun 1972 dengan tema “Only One Earth” pada tahun 1974, Hari Lingkungan Hidup

sedunia pertama kali diperingati.

Pada tahun 2022 ini lanjutnya, kembali diperingati dengan tema “Only One Earth”, dan fokus Living Sustainably in Harmony with Nature. Tahun ini berlangsung pertemuan internasional Stockholm+50 di Swedia yang mengundang Kepala Negara dan Menteri Lingkungan Hidup sedunia.

Tahun 2022, Indonesia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengambil tema yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan”.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini merupakan peringatan 50 tahun

Konferensi Stockholm. Konferensi Stockholm tahun 1972 telah meletakkan dasar

pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan dan dalam hubungan pembangunan dengan alam dan manusia.

"Dengan demikian, hingga sekarang dapat kita pelajari dan hayati, bagaimana

perjalanan pembangunan lingkungan hidup di Indonesia selama 50 tahun," sebutnya.

Pembangunan lingkungan di Indonesia dalam perjalanannya terangnya, secara praktis melembaga dan semakin beraktualisasi dengan nyata.

Kondisi tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai bangsa, sebagai negara diantara negara-negara di dunia, dimana kita telah cukup gigih bekerja nyata dalam aspek lingkungan, dengan karya dan kerja keras semua elemen bangsa kita, seluruh masyarakat Indonesia.

"Dengan sungguh-sungguh kita menjalankan hints pokok-pokok kebijakan Presiden Joko Widodo pada aspek pembangunan lingkungan hidup dan tata kelola sumberdaya alam. Kita dapat mencatat berbagai perkembangan," jelasnya.

Adapun beberapa perkembangan yang dimaksud tambah Bupati, diantaranya Transformasi struktural dan produktivitas alam dan manusia untuk mengatasi

kesenjangan dan mewujudkan kesejahteraan seperti dalam hal akses kelola lahan.

Kemudian, melalui Nawa Cita melakukan langkah korektif. Mengubah dan menjadikan keberpihakan kepada rakyat lebih mengemuka, diaktualisasikan. Areal hutan ditata dengan pemanfaatan hutan sosial seluas serta pencadangan kawasan untuk tanah obyek reforma agraria (TORA) dan perijinan korporat dikendalikan.

Meski demikian sebutnya, tantangan kedepan tidak lebih mudah. Obyektivitas dan kejernihan dalam kita melihat masalah dan membangun artikulasi penyelesaian masalah merupakan  pijakan kolaborasi yang sangat penting.

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 ini menjadi momen penting untuk terus

menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki

dalam perilaku adil terhadap lingkungan.

Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak

secara konstruktif. Tidak lain, dalam satu arah sejalan dengan tujuan nasional dan

cita-cita bangsa," pungkasnya.

Peringatan Hari lingkungan hidup sedunia itu juga dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf M. Erfani SH M Tr (Han),  Kapolres Rohil diwakili oleh Wakapolres Rohil Kompol Franky Tambunan, S.T, Kajari Rohil, diwakili Jaksa Fungsional Tiara SH, beberapa kepala OPD serta unsur lainnya."(ADV/SYAIPUL BAHRI)

Post a Comment

0 Comments