DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Anton Charliyan Tokoh Budaya ; Lasykar Agung Macan Ali Paguyuban yang akan Senantiasa Mengedepankan Kebhinekaan, yang Anti Intoleran dan Radikalisme

 


CIREBON -- Bertempat di Lapangan terbuka depan Keraton Kasepuhan Cirebon, mantan Kapolda Jabar   Irjen Pol (Pur) Dr.H. Anton  Charliyan,MPKN  yang dikenal sebagai tokoh Budaya Kasundaan Jabar Banten menghadiri Acara Milad  Ke 6 Lasykar Agung Macan Ali dibawah pimpinan Panglima Tinggi   Prabu Diaz. sekaligus melaksanakan acara  Maulid Nabi Muhammad SAW.   Abah Anton hadir karena memang merupakan Ketua Dewan Pembina Pusat Lasykar Agung Macan Ali.

Dalam sambutanya Anton menyampaikan  bahwa  Laskar Agung Macan Ali  ( LMA ) ini lahir dan dibentuk,  bergerak di bidang budaya dan sosial kemasyarakatan, punya missi khusus  untuk menjaga marwah budaya leluhur, menjaga NKRI dan nilai nilai Kebhinekaan dengan sungguh sungguh, konsisten dan konsekwen.  yang mengedepankan jiwa semangat fluralisme dan rasa kekeluargaan dlm menjalankan roda organisasinya, makanya comunitas ini anggotanya multi complek dari berbagai elemen, ada yang Muslim , Nasrani , Hindu Budha dll, serta tthnik Suku yang beragam mulai dari Sunda , Jawa, Batak , Minang , Menado, Ambon dll , bergabung dalam komunitas LMA yang menjunjung tinggi Kebhinekaan tsb, sehingga secara otomatis akan menentang keras setiap bentuk Intoleransi dan radikalisme dimanapun dan dalam bentuk apapun juga.

Maka dari itu setiap anggota LMA  dalam setiap kegiatan  harus mengedepankan adab etika sopan santun , tidak boleh  bersikap petantang petenteng sombong adigung adiguna, sikap sikap  ngejago premanisme dll, Apalagi    tindakan yang mengarah pada aspek aspek kekerasan yang meresahkan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Karena salah satu pesan leluhur Galuh yang tersirat dalam Prasati Kawali mengamanatkan sbb : Pakeun heubeul jaya dibuana pake gawe kreta bener pake gawe kreta rahayu ,ulah batengah bisi kateker . Artinya Membangun Kekuatan dengan Kedamaian Membangun Kekuatan dg Kerendahan Hati , jangan Sombong pasti Celaka, sehingga dengan demikian dimanapun ada LMA disana akan tumbuh rasa damai sejuk terindungi penuh adab dan sopan santun, yang senantiasa mengedepankan aspek pluralisme , budaya , agama dan nasionalisme  Demikian Anton Charliyan mengakhiri sambutanya.

Sementara Prabu Diaz sebagai  Ketua Umum & Panglima tinggi LMA menyampaikan pesan dan hHarapanya sbb : bahwa di Usia yan ke 6 ini, mohon doanya dari semua pihak  agar LMA terus bisa exis, berkembang dan bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat lingkungan sekitarnya, bahkan di Cirebon kota manfaat & kerjasama ini sudah sering dilaksanakan, yakni diikut sertakan jaga keamanan patroli kota bersama Polresta, Kemudian selama pandemi  melaksanakan Vaksin Covid 19 teraktif dan terbesar bersama Kodim, Kolinlamil AL, Basarnas dll,.

“Dan yang perlu diketahui bersama sampai saat ini alhamdulillah LMA Bisa menjadi satu paguyuban yang mandiri , yang tidak pernah ngerusuhi minta minta kepada pemerintah, serta anggotanya sudah tersebar ke seluruh Nusantara , bahkan sd Singapura yg terdiri dari berbagai suku etnik dan agama. “ujar Prabu Diaz

 Dalam Kesempatan Milad Ke 6 ini, LMA memberikan anugrah kepada  Marsda Suparmono sebagai  Dewan Pembina sejakigus sebagai  Anggota Kehormatan Luar biasa, dengan disematkanya PIN Khusus LMA oleh Ketua Dewan Pembina Abah Anton .

Hadir dalam acara tsb al : Kapolresta Cirebon, Ksb Garnisun Cirebon , Kolinlamil, Rajawali Sukapura R Dicky Z Sastradikusumah, Dir PLTU Direbon,  Paguyuban Warga Tionghoa Indonesia, Ketua WBN bBunda Rosa, ketua KNPI,  tokoh masyarakat ,alim ulama dan kerabat Keraton Cirebon dll.(REDI MULYADI)****

Post a Comment

0 Comments