Wujudkan Desa Layak Anak,Pemdes Pangkalan Jambi Gelar Pelatihan Forum Anak dan PATBM

BENGKALIS, LHI.

Pemerintah Desa Pangkalan Jambi kecamatan Bukit Batu, Ahad 11 September 2022 menggelar pelatihan pemberdayaan forum anak dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Langkah ini sebagai upaya mewujudkan Desa Layak Anak (DLA).

“Pelatihan ini merupakan bagian penting untuk mewujudkan perdikat DLA pada Desa Pangkalan Jambi, sekaligus menuju predikat Kota Layak Anak (KLA) bagi Kabupaten Bengkalis,” ungkap Kepala Desa Pangkalan Jambi Novri Jefrika, saat membuka pelatihan.

Novri Jefrika menerangkan, tujuan pelatihan yakni membekali para aktivis PATBM dengan ilmu dan tata cara menangani perlindungan anak dari level desa, dusun, RT, bahkan sampai ke lingkup keluarga.

Lebih lanjut Novri berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan seksama dan fokus agar dapat menjalankan tugasnya dalam dalam upaya mewujudkan desa layak anak menuju kabupaten kota layak anak dan sekaligus memenuhi indikator Transfer Anggaran Kabupaten Bengkalis Berbasis Ekologi (TAKE)

Pada acara pelatihan forum anak dan PATBM Desa Pangkalan Jambi tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Kabupaten Bengkalis, yakni Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Fitrianita Eka Putri dan Analis Kebijakan Majrul.

Fitrianita Eka Putri mengungkapkan dalam materi pengantarnya menyampaikan 31 hak anak dan 24 indikator KLA. Kemudian dilanjutkan peran forum anak dalam mewujudkan KLA. 

Sesuai dengan struktur kepengurusan, pengurus forum anak agar membuat kegiatan mengacu kepada kelembagaan dan 5 klaster yaitu Hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan kusus.

Sementara itu Majrul menyampaikan materi PATBM, diungkapkan relawan PATBM memegang peranan penting dalam mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak dalam upaya menurunkan angka kekerasan terhadap anak, lebih diutamakan upaya pencegahan. 

“Jika ada kasus kekerasan terhadap anak diharapkan relawan PATBM bisa menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus di Desa Pangkalan Jambi.

Dilanjutkan penyampaian materi penguatan kapasitas forum anak desa oleh fasilitator Forum Anak Kabupaten Bengkalis Restia Aumalia Husna. Menurutnya keberadaan peran anak mempunyai peran penting dalam perencanaan pembangunan desa dan mewujudkan desa layak anak menuju kabupaten kota layak anak.

Kegiatan ini di hadiri oleh kepala desa Pangkalan Jambi dan Perangkat desa, ketua TP. PKK Ketua BPD, pendamping desa, pengurus forum anak desa dan pengurus PATBM Desa Pangkalan Jambi, Forum Anak Kecamatan Bukit Batu serta undangan lainnya. (Suprapto)

Post a Comment

0 Comments