DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan kembali "Meraih Predikat Kinerja Terbaik Se-Jawa Barat"


Sukabumi – LHI.

Dalam Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) II Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) Provinsi Jawa Barat, yang dilaksanakan baru-baru ini di Sukabumi kembali menobatkan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum terbaik se-Jawa Barat.

Penghargaan itu dipaparkan dalam evaluasi kinerja BUMD Air Minum Tahun 2021 oleh Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Mulyana yang dihadiri oleh 22 Perusahaan Daerah Air Minum se-Jawa Barat.

Mulyana mengapresiasi Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Yuliansyah Anwar yang kembali berhasil meraih capaian terbaik kinerja keuangan, operasional dan tata Kelola perusahaan yang baik tahun 2021.

"Perumda Air Minum Tirta Kahuripan memiliki tingkat kesehatan sesuai dengan standar Kementerian PUPR dengan nilai 4,09 atau termasuk kategori 'Sehat' sedangkan di tingkat kinerja menurut Kepmendagri 47/1999 mendapat nilai 72,50 atau termasuk kategori 'Baik' dan memiliki tingkat profitabilitas yang terus meningkat selama 4 tahun terakhir,"jelasnya.

Selain pencapaian tersebut, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor juga telah menyiapkan beberapa infrastruktur untuk mendukung efektivitas governance, risk and compliance diantaranya seperti Direksi telah memiliki SPI disertai dengan Internal Audit Charter, Dewan Pengawas telah memiliki Komite Dewan Pengawas, Infrastruktur Good Corporate Governance telah disertai dengan Surat Pernyataan Komitmen Bersama Pedoman Manajemen Risiko dituangkan di dalam RPAM dan telah menetapkan Tim RPAM melalui SK Direktur, Kepatuhan terhadap kewajiban perpajakan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

Atas dasar inilah selama tahun 2021 Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor didaulat menjadi BUMD Air Minum dengan Laba (setelah pajak) paling besar se-Provinsi Jawa Barat, BUMD Air Minum dengan nilai aset terbanyak se-Provinsi Jawa Barat, BUMD Air Minum dengan kontribusi fiskal (perpajakan) terbesar se-Provinsi Jawa Barat, BUMD Air Minum dengan kontribusi dividen terbesar se-Provinsi Jawa Barat.

Dari pantauan media ini, Yuliansyah Anwar yang menerima langsung penghargaan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pegawai Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dan stakeholders Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor, mulai dari Plt. Bupati Kabupaten Bogor, DPRD Kabupaten Bogor, dan pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang telah bersinergi dan memberikan kontribusinya.

"Penghargaan ini akan dijadikan pemacu untuk menjadi lebih baik lagi dan mengejar dibidang yang masih tertinggal untuk menjadikan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, sebagai Perusahaan Air Minum Termaju dan Terbaik di Indonesia," harapnya. (R. Romi/Fitri/Isna/Arief)

Post a Comment

0 Comments