DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Masyarakat Pertanyakan Keberadaan Mesin Traktor Bantuan Kepada Kelompok Tani Mekar Mukti Desa Bagolo Berupa Mesin Traktor


Pangandaran, LHI.

Kelompok tani Mekar Mukti yang beralamat di Dusun Sukasirna RT, RW 9/3, Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran beberapa waktu yang lalu sempat mendapat bantuan pemerintah berupa mesin traktor, namun kini menjadi sorotan masyarakat, pasalnya mesin tersebut sudah tidak terlihat lagi di tempat.

Menurut salah satu warga yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan bahwa kelompok tani Mekar Mukti sekitar tahun 2017 pernah mendapatkan mesin traktor dari bantuan pemerintah, namun belakangan ini sudah tidak terlihat barangnya, bahkan warga wilayah sini yang masuk dalam kelompok tersebut menyewa mesin traktor milik orang lain untuk menggarap sawahnya.

Sehingga kami menduga traktor tersebut di jual belikan, pasalnya mesin traktor tersebut sudah tidak ada lagi di tempat, tegasnya.

Padahal jelas bantuan mesin traktor tersebut tujuannya untuk meringankan beban para petani, juga membantu para petani dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari, namun malah sebaliknya.

“Sat musim tanam, seharusnya kami tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyewa tractor.

Saat di temui di rumahnya Casman selaku Ketua Kelompok Tani Mekar Mukti mengatakan sejak dirinya sakit mesin tersebut di jalankan oleh warga Dusun Palatar bernama Risun.

Sebelumnya saya pernah menawarka kepada semua Anggota kelompok, barangkali ada yang mau bersedia menjalankan silahkan, karena saat ini saya lagi sakit, jelas Casman.

Ditegaskan dia lagi, mesin traktor tersebut ada dan tidak di jual, kalau ada orang yang menuding saya menjual traktor itu salah besar.

Lagian kelompok tani Mekar Mukti ini mendapat bantuan itu tidak gratis', saya mengeluarkan biaya sebesar Rp 4000.000., yang diberikan kepada salah satu petugas Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Kalipucang inisial U, uang tersebut diberikan di dekat kantor Dinas Pertanian, sewaktu kantor dinas berlokasi di Cijulang.

Bahkan uang tersebut hasil dari penjualan perhiasan milik istri saya, tambah Casman.

Saat akan di konfirmasi, namun yang bersangkutan sedang dinas di luar kantor. (AS)

Post a Comment

0 Comments