DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Gelar Rapat Evaluasi, Bappeda Rohil Minta Seluruh OPD sampai Tingkat Desa Lakukan Inovasi



Rokan Hilir – LHI

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)  melaksanakan rapat Evaluasi Pelaksanaan Inovasi Daerah tahun 2022, Rabu (28/9/2022) di aula rapat lantai III kantor bupati. Rapat terkait inovasi ini bertujuan untuk melengkapi Dokumen yang belum dapat dilengkapi pada tahun-tahun sebelumya.

Kepala Bappeda Zuhri, SE.MP secara resmi membuka rapat tersebut.  Turut hadir Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab, Camat se Rohil,  Kepala Puskesmas se Rohil serta kepala bidang penelitan dan pengembangan, Bappeda litbang provinsi Riau Eka Ariefyanto Putra, Se dan Analis kebijakan Ahli Muda, Bappeda Litbang Propnsi Riau Bapak Rama Yoedha Satria, St, Mt Sebagai Narasumber.

Dalam sambutannya Zuhri Menyampaikan inovasi merupakan kata kunci yang harus dilakukan disetiap OPD maupun jenjang pemerintahan daerah hingga ke level terbawah, baik itu tingkat kepenghuluan, kelurahan kecamatan sampai tingkat kabupaten.

"Sesuai peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah, dimana pemerintah daerah didorong untuk melakukan inovasi dalam melakukan tugas melayani masyarakat. menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mencanangkan gerakan satu OPD memiliki minimal satu  inovasi setiap tahunnya," terangnya.

Dijelaskan Zuhri,  tahun 2020 Kabupaten Rohil tidak melaporkan inovasi daerah, sehingga Rohil mengalami disclaimer tidak bisa dinilai karena tidak melaporkan kegiatan inovasi daerah. Untuk tahun 2021 Kabupaten Rokan Hilir melaporkan inovasi daerah sebanyak 6 inovasi, walaupun masih sedikit setidaknya tidak lagi disclaimer.

'Tahun 2022 ini Kabupaten RokanHilir telah melaporkan inovasi daerah sebanyak 40 inovasi, akan tetapi dari 40 Inovasi tersebut masih banyak kelengkapan dokumen yang belum dapat di penuhi, misalnya SK kegiatan, rancang bangun dan dokumentasi inovasi-inovasi yang di ciptakan. dikarenakan kekurangan-kekurangan tersebut, kabupaten RokanHilir masih termasuk kabupaten yang kurang inovatif," paparnya.

Oleh sebab itu,  Zuhri juga berharap kepada seluruh OPD Kabupaten Rokan Hilir untuk menciptakan minimal satu OPD satu inovasi melalaui ide maupun gagasan.

"Jangan hanya menjadi angan-angan saja namun harus ada realitasnya. melihat pentingnya inovasi saat ini, menjadi kebutuhan pemerintah daerah sebagai penguatan budaya kerja inovatif. Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan yang begitu cepat dan saling berlomba-lomba dalam melakukan kreasi yang positif," pungkasnya."(SB)*

Post a Comment

0 Comments