Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Bupati Kepulauan Meranti Berikan Jawaban Atas 8 Pandangan Fraksi-fraksi di DPRD


MERANTI---Bupati H. Muhammad Adil, SH, MM menyampaikan jawaban dan penjelasan atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD meranti tahun 2022.

Berikut jawaban dan penjelasan Bupati H.M Adil terhadap delapan pandangan umum Fraksi DPRD Kepulauan Meranti, yang disampaikan dalam rapat paripurna DPRD yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Iskandar Budiman, diikuti 27 orang Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Senin (26/9/2022).

Pertama, menjawab pandangan umum Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Bupati sependapat dengan Fraksi PAN bahwa pembahasan perubahan APBD tahun anggaran 2022 diprioritaskan khusus kepada perlindungan sosial masyarakat menuju meranti yang lebih Maju, Cerdas dan Bermartabat.

Terhadap pengembangan bakat dan minat generasi muda di bidang olahraga, Bupati menjelaskan Pemda Meranti akan mengadakan event-event olahraga, khususnya BUPATI CUP, serta Pemkab juga akan mengalokasikan anggaran untuk gaji tenaga PPPK.

Kedua, terhadap pandangan umum Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Bupati mengatakan senantiasa berusaha untuk mentaati segala azas dan filosofi kebijakan politik anggaran yang berpihak pada kebutuhan dan kepentingan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang kita kehendaki bersama.

Ketiga, terhadap pandangan umum Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar). Bupati menjelaskan Pemda Meranti akan meningkatkan akuntabilitas kinerja pengelola keuangan atas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, juga sebagai upaya untuk menerapkan prinsip transparansi dalam penyelengaraan tata kelola pemerintahan yang baik.

Keempat, terhadap pandangan umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bupati Pemda Meranti dalam upaya meningkatkan kualitas SDM ASN juga telah diwujudkan dengan dialokasikannya anggaran untuk Pelatihan Peningkatan Kompetensi bagi Eselon II, III, dan IV serta Bantuan Beasiswa bagi ASN yang ingin melanjutkan pendidikan mulai dari jenjang S1, S2, dan S3 baik di Universitas Dalam Negeri maupun Luar Negeri.

Kelima, terhadap pandangan umum Fraksi Gabungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) plus NASDEM. Bupati sangat sepakat bahwa perlu adanya perhatian terhadap penganggaran pada bidang kesehatan dalam rangka optimalisasi pelayanan kesehatan. Pemerintah Daerah terus melakukan usaha peningkatan terhadap pelayanan kesehatan baik itu melalui kemampuan anggaran daerah dan juga melakukan kerjasama dengan pihak luar guna memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

Keenam, terhadap pandangan umum Fraksi Gabungan Partai GERINDRA. Bupati menjelaskan bahwa Pemda Meranti telah berusaha menyusun secara cermat dan penuh kehati-hatian, memperhatikan asumsi pendapatan yang realistis berdasarkan potensi yang terukur, khususnya asumsi dari sektor PAD, Dana Perimbangan dan Pendapatan Daerah Lain yang bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi.

Terkait dengan Dana Insentif Daerah (DID) Pemerintah Daerah selalu berupaya untuk memenuhi kategori kinerja mulai dari Tata Kelola Keuangan Daerah, Pelayanan Dasar Publik, Kesejahteraan Masyarakat sampai dengan Pelayanan Umum Pemerintah.

Ketujuh, terhadap pandangan umum Fraksi Gabungan Partai DEMOKRAT, Bupati mengatakan akan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan yang menjadi hak tenaga non ASN, namun Pemerintah Daerah tetap mengedepankan kepentingan daerah dalam hal ini masyarakat tanpa mengesampingkan kebutuhan ASN berupa Insentif Daerah.

Kedelapan, terhadap pandangan umum Fraksi Gabungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) plus HANURA. Bupati mengatakan Pemda Meranti akan memberikan perhatian yang besar untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya sektor-sektor ekonomi produktif dan kreatif masyarakat melalui peningkatan kualitas SDM pelaku usaha UMKM dan mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda yang mampu bersaing dengan memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi.

Turut hadir mendampingi,Sekda Kepulauan Meranti Bambang Supriyanto, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas serta Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.(RAMLI ISHAK/ Prokopim)

 

Post a Comment

0 Comments