DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemerintah Desa Hutan Ayu Bagikan Bibit Buah Matoa Kepada Masyarakat

 



Rupat,LH

Buah matoa (Pometia pinnata) masih satu keluarga dengan leci dan kelengkeng. Buah ini memiliki aroma yang harum, tekstur yang kenyal, serta rasa yang merupakan perpaduan antara kelengkeng, durian, dan rambutan.

Buah matoa sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Papua. Sayangnya, pemanfaatan buah matoa ini baru dilakukan oleh masyarakat lokal. Bahkan, banyak masyarakat yang mungkin belum pernah menikmati buah unik ini.

Kulit, biji, dan daging buah matoa diketahui memiliki potensi sebagai Antioksidan, antimikroba, dan antidiabetes alami. Menurut penelitian, kandungan antioksidan tertinggi pada buah matoa terdapat pada bagian kulit.

Manfaat buah matoa diduga kuat berasal dari banyaknya kandungan senyawa polifenol, meliputi asam fenolat, Flavonoid, , saponin, dan alkaloid yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Pemdes Hutan Ayu Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis   telah melaksanakan kegiatan penyerahan bantuan bibit buah-buahan lokal desa kepada setiap rumah tangga Desa Hutan Ayu dihalaman depan kantor kepala desa   pada hari Jumat (02/09/2022) dan kegiatan tersebut berjalan lancar,aman dan tertib.

Bantuan ini yg bersumber dana (BKK) BERMASA dibidang pembedayaan dan bantuannya diberikan berupa bibit matoa yg jumlah sekitar lebih kurang 500 batang kepada masyarakat (Rumah Tangga) sekitar lebih kurang 300 rumah tangga.

"Kami berharap dgn bantuan ini masyarakat kami khususnya perumah tangga bisa manfaatkan halaman rumahnya,serta bisa menjadi ciri khas Desa Hutan Ayu sebagai penghasil salah satu buah-buahan lokal"pungkasnya Petrus,SH.(SUPRAPTO)***

 

Post a Comment

0 Comments