Semarak Festival Pesta Pantai dan Pesta Permainan Rakyat di Desa Makeruh



 

Rupat,LHI

Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2022, Pemerintah Desa Makeruh Kecamatan Rupat menggelar acara Festival Pesta Pantai dan Pesta Permainan Rakyat . Acara ini dibuka oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos.,MMP yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Johansyah Syafri. Minggu (21/08/2022).

Festival Pesta Pantai dan Pesta Permainan Rakyat yang dilaksanakan di Desa Makeruh merupakan salah satu upaya serius dari pemerintah Kecamatan Rupat dan Pemerintah Desa Makeruh dalam mengenalkan dan mengembangkan wisata pantai tersebut.

Johansyah Syafri mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan menjelang tutup tahun ini perlu dilestarikan dan didukung oleh semua pihak. Kegiatan ini memiliki dampak positif, terutama untuk mempromosikan potensi wisata. Khususnya potensi wisata bahari di pantai Makeruh. Sambutan Staf Ahli Bupati Johansyah SyafriPenyelenggaraan beragam kesenian tradisional yang dikemas dalam bentuk pesta pantai dan permainan rakyat, hendaknya bisa mempromosikan pantai Makeruh sebagai daerah tujuan wisata. Konsep-konsep pengembangan wisata pantai Makeruh harus terus dikembangkan sehingga bisa dikenal oleh masyarakat kabupaten Bengkalis bahkan masyarakat di luar Kabupaten Bengkalis.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) datok Seri H. Raja Marjohan Yusuf, Dewan Kehormatan Adat (DKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), H. Wan Abu Bakar, Ketua MKA LAMR Propinsi Datuk H. Nadjib Effendy, Rombongan LAMR Prov. Riau, Tokoh Masyarakat Rupat Said Amir Hamzah, Forkopimcam, Kepala Desa Makeruh Dedy Sumantri dan Kepala Desa se-kecamatan Rupat serta seluruh para tamu undangan.

Kehadiran para Datok LAMR Provinsi Riau diharapkan dapat menjadi penyambung lidah kepada pihak provinsi untuk mengalokasikan anggaran khusus ketempat-tempat wisata di Kecamatan Rupat umumnya dan di Desa Makeruh khususnya, sehingga percepatan pengembangan kawasan pariwisata di Pulau Rupat lebih cepat dan merata dirasakan oleh masyarakat Rupat dan masyarakat di luar Rupat.

Festival pesta pantai berlangsung dengan aman dan  meriah serta mendapat sambutan yang sangat hangat dari masyarakat. Mereka tidak hanya sekedar berkunjung dan ikut meramaikan. Akan tetapi juga mengikuti berbagai macam perlombaan seperti Jung (sampan layar tak berawak), bakiak, galah panjang, tapak kuda, senam, kali anggau, memasak dan tarik tambang.

Pada kesempatan ini Camat Rupat Aulia Army Effendy, S.STP menyampaikan bahwa, “Dengan ditetapkannya Pulau Rupat sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) tentu akan sangat membantu mendobrak ekonomi masyarakat Kecamatan Rupat pada khususnya dan Kabupaten Bengkalis pada umumnya dalam bidang pariwisata. Sehingga kami selaku pemerintah Kecamatan Rupat berharap adanya perbaikan sarana maupun prasarana yang menunjang kemajuan pariwisata dalam hal ini utamanya adalah perihal jalan menuju objek wisata di Desa Makeruh. Sehingga penetapan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ini tidak hanya sebatas slogan saja”.

Sambutan Camat Rupat di Pesta Pantai Makeruh Masyarakat di luar Pulau Rupat pada umumnya hanya mengetahui bahwa pariwisata adanya hanya di Kecamatan Rupat Utara, misalnya Pantai Lapin, Teluk Rhu dan lain sebagainya. Sementara di Kecamatan Rupat sendiri menyimpan banyak potensi wisata yang tak kalah indahnya, seperti pantai Ketapang, dan pantai di Desa Makeruh ini.

Sebagaimana yang telah dipahami bahwa pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi. Diawali dari kegiatan yang semula hanya dinikmati oleh segelintir orang-orang yang relatif kaya pada awal abad ke-20, kini telah menjadi bagian dari hak asasi manusia. Maka pengembangan pariwisata di desa Makeruh ini kedepannya bisa dijadikan suatu pariwisata yang berkelanjutan. Tidak hanya untuk dinikmati saja akan tetapi juga turut serta menjaga, sehingga tetap lestari.(SUPRAPRO)****

 

 

Post a Comment

0 Comments