Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61, Bupati Rohil Sampaikan Sambutan Ketua Kwartir Nasional




Rokan Hilir - LHI

Upacara peringatan hari Pramuka ke-61 tahun 2022 tingkat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang dipusatkan di depan Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi secara langsung dipimpin Bupati Rohil Afrizal Sintong, Senin (15/8/2022).

Upacara tersebut tampak dihadiri Wabup Rohil H Sulaiman, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Sekretaris Kwarcab Rohil Peltu Wan Fahrizal serta berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutan ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang disampaikan Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan, tepat

Pada hari ini, 14 Agustus 2022, semua segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai genap berusia 61 tahun.

Tahun ini pula sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini lanjutnya, adalah "Mengabdi Tanpa Batas Membangun Ketangguhan Bangsa" tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

"Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan," katanya.

Hal itu sebutnya, bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita.

Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan, yaitu Dwi Satya' dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

"Disemua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan,"  paparnya.

Bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022. Jamnas tersebut dilaksanakan di Buperta Cibubur, dari 14 sampai 21 Agustus 2022,

dan diikuti oleh kontingen dari seluruh Indonesia, ditambah dari gugusdepan yang berpangkalan di Perwakilan RI di luar negeri, dan sejumlah tamu undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara.

Jamnas tersebut diselenggarakan dengan tema "Ceria, Berdedikasi, Berprestasi". Sehingga, Ia berharap tema itu juga dapat diterapkan oleh semua anggota Gerakan Pramuka, terutama adik-adik peserta didik, di mana pun berada. Baik yang ikut maupun yang tidak ikut Jamnas.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rohil juga menyampaikan ucapan selamat hari jadi Pramuka ke-61 dan berharap Gerakan Pramuka di Kabupaten Rohil semakin jaya.

Untuk Kwarcab Rohil Rohil sendiri kata Bupati lagi, begitu banyak kegiatan yang telah dilaksanakan. Bahkan, juga akan mengirimkan perwakilan dalam kegiatan Jambore Nasional di Cibubur serta berbagai kegiatan Pramuka lainnya.

"Kita memberikan apresiasi kepada Gerakan Pramuka Rohil, semoga semakin maju dan jaya," pungkasnya."(SB)*

Post a Comment

0 Comments