Pelatihan PBB Oleh Babinsa, Membentuk Mental dan Karakter Siswa Sejak Dini


 

Sragen, LHI

Sertu Heriyanto anggota Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan pembinaan bela negara diikuti oleh siswa siswi SMK Negeri 1 Kalijambe, Rabu  31/08/2022 ). Bentuk kegiatannya pelaksanaan peraturan baris berbaris (PBB).

Anggota Koramil Kalijambe, Sertu Heriyanto mengatakan, latihan PBB bertujuan memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara agar para siswa memiliki kedisiplinan dan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 1945." Saya berharap dengan pelatihan ini siswa dapat meningkatkan rasa nasionalisme, jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas di sekolah," tutur Sertu Heriyanto.

Latihan yang diberikan oleh Sertu Heriyanto itu berupa latihan PBB, Peraturan Penghormatan dan dasar-dasar kedisiplinan. Serta latihan tata upacara bendera. Selain itu Sertu Heriyanto juga memberikan pembekalan nilai- nilai pengamalan butir-butir Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

Dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh siswa.

"Instruksi yang saya berikan diikuti dan dilaksanakan oleh siswa sekaligus kita nilai gerakannya. Jika masih ada kesalahan akan diulangi lagi sampai benar," kata Sertu Heriyanto.

Siswa pun terlihat bersemangat dan antusias dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Hal ini terlihat pada saat penyampaian teori dan materi praktek mereka memperhatikan dengan serius dan seksama.(KEMPLU)

 

Post a Comment

0 Comments