Karang Taruna Kampung Sindangsari RW-08 Menggelar Lomba “Ngobeng” Menangkap Ikan Meriahkan HUT RI Ke-77


Kota Tasikmalaya,,LHI

Ngobeng merupakan tradisi menangkap ikan dengan tangan kosong.Tradisi ini masih dilakukan, salah satunya oleh sejumlah warga dan anak-anak di Lingkungan Kampung Sindangsari,. Wisata Cipanyir, Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya , hari amis (18/Agustus/2022). Mereka mengikuti Tradisi Ngobeng yang digelar oleh Karang Taruna RW-08.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus kerap menjadi salah satu hari yang paling dinantikan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Pasalnya, di hari tersebut kerap digelar berbagai acara untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia pada setiap tahunnya.

Acara yang digelar biasanya meliputi berbagai perlombaan hingga pegelaran pentas seni. Untuk perlombaan, biasanya akan dikategorikan menurut usia peserta. Semua kalangan dan kategori usia diperbolehkan untuk mengikuti lomba yang diadakan saat perayaan 17 Agustus.

Tak terkecuali oleh para ibu-ibu yang bukan hanya aktif sebagai panitia, namun juga bisa menjadi peserta lomba.Ngobeng biasanya dilakukan di kolam besar, namun kali ini digelar di saluran irigasi yang dibendung . Anak-anak, ibu-ibu bapa-bapa dan muda mudi terlihat antusias mengikuti Ngobeng ini.

Mereka berebut menangkap ikan mas dan lele sebanyak kurang lebih 40 kilogram dengan tangan kosong. Warga yang mahir bisa menangkap ikan 5-10 ekor ikan. Namun ada juga yang tidak dapat sama sekali. Ngobeng ini pun biasa digelar di daerah lainnya.

Bagi yang beruntung mendapat ikan bertanda anting ikan emas dan ikan paling besar lele akan mendapat doorprize dari panitia ikan lele paling besar 50rb dan ikan emas 25rb. Semua ikan pun langsung dibawa pulang oleh warga masing-masing. Kegiatan Ngobeng ini digelar dari siang sampai sore.

Acara dipandu oleh bapa Ivan disertai alunan musik semakin menambah meriahnya suasana lomba,


Acara pun di hadiri langsung oleh RW 08  Asep dan para RT nya masing masing.Tradisi Ngobeng ini juga sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat kampung Sindangsari. Sambil menangkap ikan, mereka juga asyik bermain air dan berenang di saluran irigasi menjadi kebahagiaan tersendiri.

"Ini merupakan kegiatan  hari 17 Agustus yang ke 77 dalam cara tangkap ikan (Ngobeng) dan perlombaan lainya" ujar Ketua karang taruna Dedi Suhendra

"Untuk Ngobeng kali ini pesertanya dari anak-anak sampai dewasa. Ngobeng adalah menangkap ikan dengan tangan kosong. Sudah menjadi tradisi di Tasikmalaya jadi kami tetap menggelarnya setiap tahun," ungkap dedi Suhendar.

Menurut Dedi dengan kegiatan Ngobeng ini juga dapat mempererat tali silaturahmi bersama masyarakat. Semua ikut berbaur pada satu kolam, namun kali ini di saluran irigasi."Juga sebagai sarana hiburan bagi anak-anak,juga  bapa-bapa dan ibu-ibu," pungkasnya.

Sementara itu seorang peserta, Nova/Komeng/jenong, mengaku seneng bisa ikut kegiatan Ngobeng. Sejak acara di mulai ia baru mendapat 1 ekor ikan. "Seneng, ramai bersama teman-teman. Ngobeng ikan pakai tangan kosong," singkatnya sambil menunjukan ikan hasil tangkapannya.

Sehabis mengikuti lomba Ketua RT-01  Atang mengatakan pada salah satu awak media, acara ini merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan HUT RI  KE 77 dilingkungan RW-08 kampung Sindangsari adapun acara ini digagas oleh muda mudi dan seluruh warga, semoga acara ini menjadi rasa syukur dan momentum untuk mengisi kemerdekaan dengan silaturahmi antar warga sehinga terjalin kekompakan dalam segala bidang dan tidak lupa saya ucapkan terima kepada semua pihak sehingga acara ini bisa terlaksana sukses semoga kedapan lebih baik serta semarak , harapnya.(SAKIMAN)****

 

Post a Comment

0 Comments