Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang dan Melintang di Badan Jalan Kota Bagansiapiapi


Bagansiapiapi-LHI

Beberapa orang petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dibantu warga setempat memotong kayu Mahoni yang tumbang melintang dibadan jalan samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Setelah kayu yang dipotong menjadi ukuran satu meter itu selesai, akses jalan tugu itu pun  bisa dilewati pengendara.

Selama proses pemotongan pohon, arus dari dua sisi memang dihentikan.  Lebih jauh pak Suwandi, sapaan akrab kadis Dinas Lingkungan Hidup mengatakan, bencana pohon Mahoni yang tumbang sore tadi di samping RSUD disebabkan tanahnya yang lunak.

" Kalau kayu Mahoni termasuk kayu yang kuat," kata Suwandi, Jumat (12/8/2022) sore yang ikut memotong kayu yang tumbang bersama warga setempat.

Adanya pohon tumbang pada saat hujan disertai angin kencang sore tadi,  direspons oleh dinas lingkungan hidup (DLH) dengan menurunkan petugas pada tiga titik lokasi diantaranya di depan kantor Disperindag,  Multi Marga dan samping RSUD.

" Kita mendapatkan informasi adanya pohon tumbang di ketiga lokasi tersebut setelah hujan lebat disertai angin kencang," cetus Suwandi.

Dia mengatakan,  penebangan dilakukan untuk pohon-pohon yang dinilai rawan tumbang saat hujan deras dan angin kencang.  Pihaknya juga tiap saat melakukan pemeliharaan pada pohon yang dahannya sudah terlalu rimbun dengan cara dipangkas bertujuan untuk mengurangi  beban akar pohon.

Menurutnya, rata rata umur pohon dipinggir jalan sudah berumur 10 tahun keatas. Misalnya, didepan Multimarga adalah pohon kayu angsana dan disepanjang jalan perwira adalah kayu Trembesi

Dengan banyaknya faktor penyebab pohon tumbang, Suwandi meminta masyarakat setempat untuk aktif ikut mengecek. Jika ada pohon yang lapuk dia meminta warga agar melapor ke DLH."(SB)*

 

 

 

Post a Comment

0 Comments