POB Pangandaran Diprediksi jadi Wisata Edukasi



Pangandaran LHI

Kementerian Agama Kab. Pangandaran bersama  Pemda serta Unsur dari Pemerintah Desa Kertamukti meninjau langsung lokasi lahan tanah yang diperuntukan Pembangunan Pusat Observasi Bulan (POB) yang berlokasi di Dusun Pasirlasih Desa Kertamukti Kec. Cimerak, Kamis (30/06/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pangandaran, H. Supriana mengatakan kehadiran POB di Pangandaran diprediksi akan menjadi wisata edukasi astronomi di Pangandaran."Saya ingin menyakinkan kepada masyarakat Desa Kertamukti, sekalipun POB ini nantinya untuk kegiatan observasi bulan, seperti untuk rukyat hilal pemantauan hilal awal ramadan, syawal dan dzulhijjah dan berbagai kegiatan perfalakiyah juga akan menjadi wisata edukasi astronomi," kata Supriana di Desa Kertamukti sebelum meninjau lokasi tanah.

Supriana mengatakan, ketika POB Pangandaran sudah ada, gedungnya representatif bahkan dikelola dengan baik nantinya akan menjadi daya tarik bagi para pelajar dan mahasiswa."Ketika nuansa keilmuan dan edukasinya ada, bakal bayak yang datang kesini, sebab akan ada yang namanya wisata edukatif astronomi yang ada kaitannya dengan mata pelajaran," ujarnya.

Tak hanya itu, selain akan menjadi daya tarik wisata edukasi astronomi, kehadiran POB juga akan berdampak pada perekonomian pada warga sekitar Pasirlasih Desa Kertamukti."InsyaAllah ketika POB ini ada, akan menjadi multiple effect yang akan banyak berpengaruh pada masyarakat sekitar" tuturnya.

Seperti diketahui sebelumya Bukit Pasirlasih Kertamukti menjadi salah satu titik pemantauan hilal dari 99 titik di seluruh Indonesia untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal 1443 Hijriah.

Hadir pada peninjauan lokasi lahan tanah, Kabag Pemerintahan Sekretaris Daerah Kab. Pangandaran, Saptani, Kasubag TU Kemenag H. Sarip Hidayat, Kepala Desa  Kertamukti. (AS)

 

Post a Comment

0 Comments