Menantu Wapres Kunjungi Meranti, Bupati HM.Adil Minta Program Pembangunan

 


Meranti ,LHI- Amshori Thohir, Rabu (27/7/2022) melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Meranti. Menantu Wakil Presiden Maaruf Amin itu mengunjungi beberapa titik dan meminta Pemkab Meranti menyiapkan proposal usulan untuk disampaikan ke pemerintah pusat lewat staf Sekretariat Wapres.

Dikawal Paspampres dan Bagian Protokol Setdakab Meranti, Amshori Thohir dan rombongan tiba di Pelabuhan Tanjungbuton dan langsung menuju ke Desa Sungaitohor Kecamatan Tebingtinggi Timur.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM dan ratusan masyarakat langsung menyambut rombongan dengan tabuhan kompang. Setelah beristirahat dan menyantap makanan serta minuman dari olahan sagu, Amshori bergerak melihat langsung Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) Sagu.

Di tempat ini, dia melihat langsung proses pengolahan sagu hingga proses pengemasan untuk dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia. Termasuk proses pembuatan beras sagu dan melihat mesin pengeringan sagu yang dibuat oleh mahasiswa Meranti.

"Sagu ini merupakan salah satu komoditas ketahanan pangan nasional nomor dua setelah beras. Pemkab harus terus menyosialisasikan produk turunan sagu ini agar lebih dikenal lagi di Indonesia," kata Amshori yang juga Wakil Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat dan tim  Percepatan Pembangunan Nasional.

Kemudian, rombongan bertolak untuk melihat pohon sagu yang ditanam oleh Presiden RI Joko Widodo saat mengunjungi kecamatan tersebut beberapa tahun lalu. Setelahnya, rombongan kembali melakukan perjalanan laut menuju Kecamatan Rangsang untuk meninjau jalan poros di Desa Tanjung Medang menuju Tanjung Kedabu.

Di sini Bupati Adil menjelaskan keadaan jalan poros yang dalam keadaan rusak itu sepanjang 40 kilometer yang menyatukan  2 Kecamatan Rangsang dan Rangsang Pesisir. Jalan penghubung tersebut merupakan jantung perekonomian masyarakat, terutama bagi petani kelapa untuk mengangkut hasil panen.

Setelahnya, rombongan kembali melanjutkan perjalanan laut menuju Kecamatan Tebingtinggi dan meninjau lokasi di Desa Sesap. Bupati Adil menyampaikan desa tersebut akan menjadi wilayah perluasan kota dan akan dibangun sejumlah kantor pemerintahan.

Diantaranya, Gedung DPRD, Islamic Center dan Gedung Nusantara. Selain itu, akan dilakukan juga pembangunan jalan poros sepanjang 4,5 kilometer dengan lebar lebih kurang 30 meter.

Setelah melihat langsung kondisi jalan, mendengar penjelasan bupati dan keluhan masyarakat, Amshori Thohir meminta Pemkab Meranti menyiapkan proposal usulan pembangunan dan berkordinasi dengan staf Sekretariat Wapres yang juga hadir dalam kunjungan ini."Sekitar 2 minggu dapat diserahkan dan nantinya kita akan lakukan audiensi Pak Bupati Adil dengan Wakil Presiden RI Maaruf amin," sebutnya.

Mendengar penjelasan tersebut, Bupati H. M Adil langsung memerintahkan Bappeda dan Dinas PU Kepulauan Meranti untuk menyiapkan laporan serta proposal usulan."Siapkan semua kebutuhan sesuai arahan dari Bapak Amshori tersebut. Dalam dua minggu kita bawa menghadap Bapak Wapres untuk ekspos dan audiensi. Besar harapan kita usulan itu dapat terealisasi, ini bentuk ikhtiar kita meminta program pusat untuk kesejahteraan masyarakat Meranti," ungkapnya.

Ikut mendampingi bupati, Kapolres yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Yudi, Danramil Tebingtinggi, Danramil Merbau, dan Danposal Selatpanjang. Kemudian turut hadir Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti, Kepala Bappeda , Kepala Dinas PU, Camat Tebingtinggi Timur dan Camat Rangsang serta Kabag Prokopim Setdakab Kepulauan Meranti. (RAMLI ISHAK/ Prokopim)

 

Post a Comment

0 Comments