Program KONI Banjar GERCEP Hasilkan 9 Putusan Guna Peningkatan Prestasi Olah Raga Di Kota Banjar

Banjar, LHI,- Bidang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Prorgam beersama Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kota Banjar melaksanakan rapat dengan suasana santai tapi serius di Djoglo Umah Ndoro Banjar Kolot, Senin (20/6).

Dari materi bahasan yang dirapatkan tersebut menghasilkan 9 putusan Langkah program KONI Kota Banjar sebagai jembatan kebangkitan sepak terjang dunia olah raga di Kota Banjar. Pada rapat malam hari tersebut dihadiri oleh Ketua KONI Banjar Ir. Soedrajat Argadiredja, Sekum H. Yoyo Suharyono, Wakil Ketua II Ruhimat, S.Pd., M.Pd, Ketua Bidang Binpres Tono Tarsono, Ketua Bidang Perencanaan dan Pengembangan Program Dr. Dadi, M.Pd, dan Asep Halim sebagai anggota Bidang Perencanaan dan Program Koni Kota Banjar. 

Sembiilan (9) putusan rapat program Koni Banjar yaitu; 

1. Penyusunan dan koreksi persiapan pembuatan usulan anggaran untuk kebutuhan pelaksanaan Porprov Jabar (Porda Jabar) yang akan diselenggarakan November 2022.     

2. Ulasan histori perjalanan Koni Kota Banjar sebagai dasar dan landasan untuk perbaikan kinerja Koni Kota Banjar ke depan dalam meningkatkan prestasi olah raga di Kota Banjar. 

3. Perencanaan kegiatan bimbingan tekhnis (Bimtek) untuk bendahara Cabor dalam persiapan pembuatan pelaporan pertanggungjawaban penggunaan uang pembinaan Cabor menuju Porvrop Jabar 2022. Gambaran peruntukanya meliputi; a. Biasa Transpor Atlit b. Biaya Transpor Pelatih c. Makam dan minum atlit dan d. Suplemen.

4. Perencanaan kegiatan untuk pelaksanaan test Kesehatan Atlit yang akan mengikuti Porvrop Jabar 2022. Gambaran test Kesehatan meliputi; a. HB – darah b. EKG – Jantung dan c. Paru – paru. Pelaksanaan direncanakan pada pertengahan bulan Juli 2022. 

5. Perencanaan kegiatan untuk test fisik allit yang akan meingikuti Porprov Jabar 2022, Adapun sebagai pelaksana kegiatan adalah; Unsur pengurus Koni, Guru olah raga, dan unsur FPOK UPI dengan rencana palaksanaanya pada awal Agustus 2022.

6. Pembahasan undang – undang perolahragaan yang di implementasikan melalui program DBON (Desain Besar Olah Raga Nasional) untuk dilaksanakan oleh KONI Kota Banjar dengan dasar berwawasan; Olah raga Prestasi, Olah raga Pendidikan (Ordik) – Olahraga Masyarakat, dan Olah raga Disabilitas. Sehingga Koni Kota Banjar harus memillih Cabor unggulan yang diambil dari dari 14 Cabor unggulan Nasional dan 3 Cabor indusri. Minimalnya Koni Banjar menentukan 2 Cabor dan 3 Cabor unggulan yang ada di Kota Banjar. 

7. Sebagai Langkah awal Koni Kota Banjar harus Menyusun program jangka pendek, jangka menengah dan jangka Panjang. Untuk melaksanakan program DBON sebagai implememtasi dari undang – undang keolahragaan. Maka dari itu sebagai program jangka pendek KONI Kota Banjar berencana akan mengadakan kegiatan; a. Menyusun legalitas Koni dan berbadan hukum, b. kegiatan inhouse raining pengurus Koni Banjar Bersama pengurus haria Cabor se-Kota Banjar, c. Koni Banjar akan membuat MOU dengan Dinas/ Instansi di wilayah Kota Banjar dan dengan FPOK UPI dan d. Koni Banjar akan mengadakan seminar implementasi DBON yang menghadirkan anggota DPR RI (H. Dede Yusuf M. Effendi) dan praktisi Pendidikan serta prakisi olah raga. 

8. Program Koni Banjar untuk jangka menengah dan jangka Panjang, berencana melaksanakan kegiatan; a. Workhsop olah raga yang meliputi kebijakan politik olah raga, mamajemen olah raga dan manajemen talenta. b. Mengadakan pelatihan yang meliputi berbasi data, penataran pelatih (bersiertifikat jenjang), serta penataran wasit dan juri. c. Program alat identifikasi bakat yang akan dilaksanakan unuk sasaran tingkat pelajar SD dan SLTP, sebagai upaya penggalian potensi sejak dini cikal bakal atlit berpretasi se-Kota Banjar. d. Pelaksanaan program Pekan Olah raga Kota (PORKOT) yang direncanakan tahun 2023 wilayah se-Kota Banjar bagi cabang – cabang olah raga yang sudah memasyarakat di setiap Kecamatan di kota Banjar. Koni Kota Banjar memiliki acuan jumlah cabor yang akan dipertandingkan dalam Porkot yakni berjumlah antara 7-10 cabang olah raga saja. 

9. Bahasan tambahan mengenai rencana kegiatan pengukuhan atlit Porprov Jabar 2022 untuk Kontingen Kota Banjar dengan ekspose setiap Cabor peserta Porprov Jabar dihadapan unsur Pemerintah Kota Banjar dan Perusahaan – perusahaan BUMN yang ada di Kota Banjar yang direncanakan dalam bukan Agustus 2022. 

Ketua Koni Kota Banjar Ir. Soedrajat menegaskan, dunia olah raga Kota Banjar akan meningkat pesat prestasinya mana kala keberpihakan Pemerintah Kota Banjar lebih serius baik dari segi fasilias penunjang keolahragaan maupun kebijakan anggaran dana untuk Koni Banjar. ia berharap bukan hanya Pemkot Banjar yang dapat memberikan perhatian dan dukunganya akan tetapi dari semua pihak baik perusahaan – perusahaan BUMN, BUMN, Perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah Kota Banjar juga dari pemerhati, pecinta serta insan olah raga itu sendiri, untuk bersama – sama saling bersinergi menapaki, mengukir lebih banyak prestasi demi kemajuan dunia olah raga di Kota Banjar. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments