Niti Tilas Sejarah Boyolali



Boyolali. LHI

Kabupaten Boyolali yang berusia 175 tahun yang saat ini dipimpin oleh Bupati M. Said Hidayat akan memperingati Hari Jadinya pada Minggu (05/06). Lazim seperti yang dilakukan setiap tahun, pada malam harinya digelar Niti Tilas Ki Ageng Pandanaran atau juga bisa disebut Sunan Pandanaran seperti halnya pada Sabtu (04/06) malam di Taman Kali Gedhe, Kampung Sumberlerak; Kelurahan Siswodipuran; Kecamatan Boyolali. Bersamaan acara tersebut digelar berupa kataman Al Quran, pembacaan dzikir, tahlil dan pagelaran budaya.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabwssy, M.A. yang diwakili Kasdim 0724/Boyolali Mayor Inf Ismail bersama Forkopimda Boyolali serta para pimpinan OPD yang berbusana kejawen di bantaran Kali Pepe yang airnya mengalir membelah kota Boyolali.

Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengatakan Niti Tilas ini sebagai salah satu bentuk menghormati jasa Sunan Pandanaran dalam proses terjadinya nama Boyolali. " Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT kita dapat berkumpul dalam acara Niti Tilas ini dalam memperingati hari jadi kota Boyolali ke 175  semoga bisa menjadi salah satu rasa hormat atas jasa beliau [Sunan Pandanaran] dan semoga budaya ini kita uri-uri tidak bisa dilupakan sesuai pesan Sunan Padanaran harus selalu diingat ojo lali karo sejarah e.

Semoga dalam kegiatan niti tilas ini menjadi pengingat kita warga Boyolali dan selalu mencintai Kabupaten Boyolali." harap Bupati.(AGUS KEMPLU)

 

Post a Comment

0 Comments