Ketua TP-PKK Kabupaten Pangandaran Hadiri Acara Deklarasi ODF di Desa Ciliang



Pangandaran LHI

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pangandaran Hj Ida Nurlaela Wiradinata turut menghadiri acara deklarasi Open Defecation Free (ODF) Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Disela Kegiatan Deklarasi Open Defecation Free (ODF), Hj Ida Nurlaela Wiradinata selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Pangandaran mengatakan, saya hadir di acara deklarasi ODF ini merupakan suatu kebahagiaan juga bentuk apresiasi kepada masyarakat Desa Ciliang yang sudah mampuh mendeklarasikan ODF. Kamis (30/6/2022)

Tentu untuk mecapai ODF ini tidak mudah, kata Hj Ida Nurlaela, karena masyarakat harus paham pungsi dari program ODF itu, karena masyarakat harus memahami apa yang harus dilakukan untuk mencapai ODF, karena yang namanya sehat itu bukan hanya kewajiban pemerintah saja, namun keinginan sehat itu harus tumbuh dari diri sendiri, jelasnya.

Dengan ODF ini salah satu bentuk upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalankan hidup sehat, agar supaya masyarakat hidupnya sehat, upaya upaya pemerintah pun sudah luar biasa, seperti yang dilakukan oleh Bupati Pangandaran, sejak 2016 pak Bupati sudah memberikan pasilitas pengobatan gratis dari mulai puskesmas sampai ke RS Pandega bagi masyarakat yang kelas menengah ke bawah.

"Dan upaya pemerintah daerah itu tentu sangat kerah, sampai sampai pak Bupati tidak mementingkan pasilitas untuk pribadinya, tapi yang diutamakan pasilitas pasilitas kesehatan, seperti bangunan puskesmas dan RS Pandega, jelasnya.

Hj Ida Nurlaela Wiradinata juga tegaskan, bahwa yang saya tahu sejak dulu yang namanya Bupati baru beliaulah Bupati Jeje Wiradinata yang punya inisiatif luar biasa untuk kepentingan masyarakat.

Untuk mengedukasi masyarakat tentang ODF itu leading sektornya adalah Dinas Kesehatan, sementara' yang jadi leadernya adalah kecamatan, dan Alhamdulillah kerja keras camat Parigi tergolong bagus, karena kecamatan Parigi merupakan daerah tercepat yang mendeklarasikan ODF, pungkasnya.(AS)*

 

Post a Comment

0 Comments