Istri Kades Selasari Mempunyai Peran Penting Membangun Desa Maju


Pangandaran, LHI.

Membanggakan! Ya, kata tersebut layak disematkan bagi Udin Tugaswara, yang telah berhasil menjalankan roda pemerintahan Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, ketika di wawancarai LHI di ruang kerjanya, Jum'at (24/6/2022)

Keberhasilan ini tentunya tak lepas dari dukungan dan dorongan masyarakat Desa Selasari, para staf desa dan keluarga tercinta, terutama pada gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di tingkat pemerintahan desa, tambahnya.

Tentu dengan kegigiha dan kerja keras istri dalam mendukung saya selaku kepala desa, ia selaku Tim Penggerak PKK sering mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan yang mengikutsertakan Anggota PKK Desa Selasari.

Udin Tugaswara juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada istri tercintanya "Ai Nanan Handayani", yang selama ini sudah mendukung program pemerintah Desa Selasari, karena dengan peran serta istrilah roda pemerintahan pun akan berjalan baik.

Pada kesempatan berbeda Ai Nanan Handayani selaku Istri kades Selasari, sekaligus TP-PKK Desa Selasari mengatakan, kalau Desa Selasari maju, dan berprestasi tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga, ketika semua itu tercapai maka semua pihak dari mulai keluarga, masyarakat juga pemerintah, tentunya akan merasa bangga, paparnya.

Maka saya pribadi selaku istri Udin Tugaswara sebagai kepala Desa Selasari mempunyai tanggung jawab penuh dalam mendorong tanggung jawab dia dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai kepala desa, Jelas Ai Nanan Handayani saat ditemui di rumahnya.

Ai Nanan Handayani menjelaskan, selaku istri kepala desa itu punya peran penting untuk mendukung suami agar bisa berprestasi, berkarakter dan berprestasi sesuai potensi yang dimiliki oleh desa, terlebih Desa Selasari mempunyai keunggulan tersendiri yang bisa dikembangkan, paparnya.

"Sesuai dengan UU Desa nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, dimana Kades punya wewenang penuh di tingkat desa, maka sebagai pendamping suami yang menjadi kepala desa, maka istri Kades harus mampu untuk ikut memperjuangkan pembangunan desa.

Yang lebih penting lagi, tambah Ai Nanan Handayani lagi, istri kepala desa selain mendukung suami, harus bisa menjaga martabat suami.

Ibu Kades juga harus bisa tampil sederhana saat terjun dan berkomunikasi dengan warga, tegas Ai.

Selain mendukung suami dalam pembangunan desa, saya selaku istri Kades juga di tuntut untuk bisa membangun mental warga, terutama generasi muda agar berkarakter dengan baik, pungkasnya. (AS)

Post a Comment

0 Comments