Guna Memutus Peredaran Rentenir Berkedok Korasi, GP Ansor Siap Menjadi Off-Taker Bagi Masyarakat


Pangandaran LHI

Guna memutus Peredaran mata rantai peredaran rentenir berkedok koprasi (Bank Emok) yang dianggap meresahkan masyarakat, GP Ansor Kecamatan Cimerak siap menjadi off-taker bagi  masyarakat.

Lebih dari satu kantor Koperasi bank emok yang beroperasi di Kecamatan Cimerak, Gerakan Pemuda Ansor merasa resah dan Geram, dan ini harus ada solusi, jangan sampai persoalan ini menjadikan rusaknya moral masyarakat, kata Miptahudin kepada BP online melalui pesan singkat what's up. Senin (6/6/2022).

Masih kata Miptahidin, bagaimana kami tidak prihatin, pinjaman dengan suku bunga yang tinggi ditambah dengan sistem tanggung renteng, itu sangat berpotensi besar merusak kerukunan antar masyakat.

"Its oke iya tujuannya membantu, namun apakah harus dengan suku bunga yang seniscahya itu?, kalau begitu mencekik namanya,  meskipun dari pihak lembaga pemerintahan dan keagamaan sampai saat ini belum terdengar ada yang berstatmen terkait keberadaan bank Emok ini, tegas Miptahudin.

Dikatakan Miptahudin lagi, "maka GP Ansor akan menjadi yang pertama dan akan terus konsisten dalam melakukan pencegahan, sebelum terjadi hal hal yang tidak di inginkan kepada masyarakat.

Gerakan Pemuda Ansor sudah Melakukan Kerjasama dengan Berbagai elemen dan lembaga, diantaranya dengan PT. Bentang Salapan Nusantara, yang saat ini konsen dalam bidang Pertanian dan Peternakan, tadi sudah kami konfirmasi kembali katanya sudah oke dan siap Menjadi Off Taker masyarakat."Untuk selanjutnya bertugas menghubungkan juga menjamin komoditas petani dan Peternak ke pasar yang lebih besar, baik Pasar Online ataupun Offline.

"Selain dengan pihak Perusahaan GP Ansor juga akan melakukan kerjasama dengan pihak Perbankkan guna untuk mengakses permodalan, sehingga kedepan tidak akan ada lagi masyarakat yang membutuhkan modal lalu meminjam ke Koperasi atau Bank Emok.

Peda kesempatan yang sama Uus Husni selaku Ketua LBH GP Ansor mengatakan, "Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) diatur dan ditetapkan oleh OJK sebagai dasar penetapan suku bunga kredit yang akan dikenakan oleh perbankan kepada nasabah.

"Itu semua jelas diatur, namun Koperasi (Bank Emok) dinilai abai terhadap aturan itu, maka mulai dari saat ini kedepan GP Ansor akan terus dan konsisten melakukan Advokasi untuk mencegah mewabahnya Virus Bank Emok di masyarakat, dan semua rumusan PAC GP Ansor Cimerak ini wajib di sosialisasikan kepada masyarakat oleh seluruh kader ansor, agar masyarakat teredukasi sehinga kedepan bisa perlahan meninggalkan bank Emok, pungkasnya. (AS)

 

 


Post a Comment

0 Comments