Sebanyak 156 Jemaah Asal Rokan Hilir Akan Berangkat ke Tanah Suci, yang Tertua Berumur 65 dan Termuda 19 Tahun



Rokan Hilir - LHI

Jemaah Calon Haji (CJH) tertua asal kecamatan Bagan Sinembah, kabupaten Rokan Hilir, Paidi Selamat Paiman (65) tak henti hentinya mengucap syukur dan berterima kasih atas perhatian dan layanan yang diberikan pemerintah selama dirinya mengikuti manasik haji. Paidi bersama 156 Jemaah Calon Haji lainnya,  menghadiri penutupan bimbingan  manasik haji  di gedung Misran Rais di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan  Hilir, Riau, Kamis (26/05/2022).

Tahun ini Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Rokan Hilir yang usianya paling tua adalah Paidi Selamat Paiman dengan usia 65 tahun dan yang termuda adalah Miftah Yulandari berumur 19 tahun berasal dari kecamatan Bangko. Pada acara penutupan Manasik Haji dengan tema *Wujudkan Haji yang  Mandiri dan Berkualitas Sesuai Syariat Menuju Haji Mabrur" tercatat JCH kabupaten Rokan Hilir sebanyak 156 orang yang terdiri dari 73 orang lelaki, dan 83 orang perempuan.

Sedangkan jumlah CJH yang termasuk dalam cadangan adalah sebanyak 26 orang.  Menurut keterangan Kepala Kementrian Agama Kabupaten Rokan Hilir, Naini, S.Ag, dipertengahan bulan Juni 2020, seluruh CJH akan diberangkatkan ke tanah suci  Makkah Al-Mukarramah melalui embarkasi haji Antara, Pekanbaru. Sebelum berangkat, seluruh CJH akan menginap di hotel dan asrama haji.


" Selama mengikuti manasik haji,  kita sudah membekali seluruh calon jemaah berupa buku tuntunan, video tutorial serta tenaga tutor. Harapan kita, apa yang telah diajarkan didalam materi tersebut, bisa menjadi tuntunan dalam menjalankan ibadah ditanah suci nanti," ungkap Naini.

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para calon jamaah haji yang tahun ini akan berangkat.  " Bapak dan ibu adalah manusia terpilih oleh Allah SWT. Saya juga telah mendaftar sejak tahun 2011 dan masuk dalam daftar cadangan, sampai saat belum ada rezeki untuk berkunjung ke Baitullah," kata Afrizal kepada para Calon Jemaah Haji.

Beliau juga menyampaikan bahwa pemerintah akan senantiasa mengakomodir pelayanan yang dibutuhkan seluruh para CJH terutama menyangkut akomodasi, transportasi serta penginapan.  Dia menyarankan agar seluruh CJH yang berasal dari berbagai daerah di kabupaten Rokan Hilir berkumpul dan mulai titik keberangkatannya di Ujung Tanjung.

" Nanti kita siapkan pengawalan dari Ujung Tanjung menuju Pekanbaru. Kita berharap, awal dari perjalanan para seluruh Calon Jemaah Haji dari Rokan Hilir menuju Pekanbaru bisa berjalan lancar mengingat sudah tiga tahun pemerintah tidak memberangkatkan CJH karena pandemi," kata Afrizal

Acara penutupan Manasik Haji dihadiri ketua DPRD Rokan Hilir, Maston, Sekda Rohil Ferry Parya dan staf Diskominfotik Rokan  Hilir." (SB)*

 

 

Post a Comment

0 Comments