Istilah Barakan di Lebaran, Tradisi Budaya di Kab.Bengkalis Yang Susah Untuk Terlupakan



Bengkalis LHI

Khusus di Kota Bengkalis setiap hari raya aidil futri, pasti ada rombongan yang memeriahkan hari besar kemenangan itu. Demikian juga tahun ini,1 Syawal 1443 H/2022 M.di meriahkan dengan istilah barakan /rombongan.kerena selama dua tahun ini ditiadakan dikerenakan Negeri Junjungan ini dilanda covid 19.

Namun tahun 2022 ini,pemerintah pusat. Seperti memberi kelonggaran untuk mudik lebaran.Buktinya, ada perkumpulan yang sholat ID di lapangan atau di tempat terbuka dan di tempat ibadah seperti masjid, mushalla.

Demikian juga   masyarakat Bengkalis mengadakan barakan atau rombongan dari rumah ke rumah untuk meriah kan hari raya aidil fitri ini.

Seperti warga Jalan Pahlawan Simpang Bengkinang Desa Pangkalan Batang,meriah kan hari raya aidil fitri dengan mengada kan rombongan,pada hari pertama dan di lanjut dengan hari keduanya.

Rombongan itu bergerak pada hari pertama. Di mulai dari darat menuju ke tengah.kemudian hari kedua nya, di mulai dari laut menuju ke tengah.itu yang biasa di lakukan mereka sebagai jadwal  untuk rombongan.

Sebagai tokoh panutan masyarakat.M Yazir. Ahmad Karmizal dan Ustadz Harmaini.merasa kegembiraan nya."Alhamdulilah...pada hari raya tahun 2022 ini. Kita semua masih bisa bersama untuk melaksanakan rombongan di tempat kita ini.ungkap tiga panutan tokoh masyarakat ini kepada awak media.Senin 02 /04/2022.

Hal senada di sampai kan juga tokoh panutan masyarakat ini. M Yasir. Bahwa dengan ada nya rombongan ini.lebih menguat kan silaturahmi.karena dengan silaturahmi ini.menguat kan wuquah islamiah sesama hamba Allah. Momen ini cukup terjaga,yang muda menghormati yang tua,yang tua memberi contoh panutan bagi yang muda" tutup M yazir. (. AULA ACHMAD. )***

 

Post a Comment

0 Comments