Hari Kearsipan Nasional ke-51, Wabup Rohil : Tata Kelola Arsip Sangat Penting Agar Tak Jatuh Ketangan Orang Lain



Rokan Hilir--LHI

Wakil Bupati Rokan Hilir menghadiri peringatan hari Kearsipan Nasional ke-51 tahun 2022 yang berlangsung di Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (17/05/2022) dengan tema "Sinergi Kearsipan Untuk Kemajuan Bangsa, Tertib Arsip, Transformasi Digital Kearsipan, Memori Kolektif Bangsa".

Dalam acara itu, Gubernur Riau, Syamsuar memperoleh penghargaan prestasi yang baik dalam pengawasan kearsipan nasional.  Peringatan hari Kearsipan Nasional yang diselenggarakan selama tiga hari sejak tanggal 17 sampai dengan 19 Mei mendatang juga diisi aneka program seperti City Tour ke Kabupaten Siak.

Peringatan hari Kearsipan Nasional yang ke 51  juga digelar pameran kearsipan yang di motori ANRI yang menyajikan potensi yang ada termasuk Riau serta 13 kabupaten kota baik itu potensi sumber daya alam, kearsipan, sejarah maupun potensi lainnya. Selain pameran, kegiatan tersebut juga dilakukan bazar dengan mengundang UKM (Riau) untuk mempromosikan khas Provinsi Riau  dan peresmian hibah tanah oleh pemerintah Provinsi Riau kepada pemerintah melalui arsip Nasional Republik Indonesia

Usai acara, Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman Azhar menyampaikan, kearsipan adalah penyelenggaraan administrasi atau sistem penatalaksanaan prosedur yang memperlancar surat menyurat teregistrasi dan tersimpan dengan baik. Tujuannya agar perlindungan arsip terjaga dan tidak hilang atau jatuh ketangan orang yang tidak bertanggung jawab serta disalah gunakan oleh pihak tertentu untuk mencari keuntungan dan kepentingan pribadi.

" Tata kelola kearsipan sangat penting untuk administrasi yang lebih baik serta memudahkan kita dalam keperluan mendatang atas perihal suatu peristiwa dan banyak hal lainnya. Mudah-mudahan pada momen hari Kearsipan yang ke - 51 ini, Rohil khususnya bisa lebih baik lagi dalam hal penyimpanan arsip yang lebih aman,"  kata wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman Azhar didampingi kepala dinas Kearsipan Rokan Hilir Hajjah Fatmawati dan kabid IKP Diskominfotiks.

Acara itu juga dihadiri Drs Imam Gunarto MHum sebagai kepala Arsip Nasional Republik Indonesia,  Gubernur Riau Syamsuar serta Forkopimda Provinsi Riau,  perwakilan Kementerian serta Provinsi dan daerah lainnya. "(SB)*

 

 

Post a Comment

0 Comments