Diikuti 154 Peserta, Wabup Rohil Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten


Rokan Hilir - LHI

Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH secara langsung membuka bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Selasa (24/5/2022).

Dalam bimbingan Manasik Haji yang bertemakan  "Wujudkan Haji Yang Mandiri dan Berkualitas Sesuai Syariat Menuju Haji Mabrur" itu, Kemenag Rohil mendatangkan narasumber dari UIN Suksa Riau dan dari Kemenag sendiri.

Hasbullah dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang bersumber dari APBD.

Ia menjelaskan, manasik tersebut diikuti sebanyak 154 orang yang terdiri dari Jamaah yang pasti berangkat sebanyak 129 orang, serta cadangan 25 orang.

"Jamaah termuda dari Rohil berusia 21 tahun dan tertua 65 tahun. Manasik akan dilaksanakan dari 23 hingga 26 Mei 2022," katanya.

Kakan Kemenag Rohil H Naini dalam sambutannya mengatakan bahwa, manasik tingkat Kabupaten ini dilaksanakan dan di tanggung sepenuh oleh pemerintah daerah.

Sementara dari Kemenag sendiri lanjutnya, juga akan melaksanakan manasik di dua kecamatan yakni Bagan Batu dan Tanah Putih yang direncanakan pada 28 hingga 29 Mei mendatang.

"Kemudian akan dilaksanakan lagu tingkat kabupaten pada 2 atau 3 juni 2022 mendatang. Jadi jamaah mengikuti manasik sebanyak 3 kali," paparnya.

H Naini memaparkan, 25 jamaah cadangan tersebut memang sengaja diikutsertakan dalam kegiatan manasik. Hal ini katanya, untuk mengantisipasi adanya kemungkinan jamaah yang batal berangkat karena berbagai hal seperti sakit maupun lainnya.

"Kami berpesan agar jemaah menjaga kesehatan sehingga kegiatan manasik ini bisa diikuti dengan  baik, perbanyak bersyukur karena bisa berangkat tahun ini karena sebagian tertunda, karena semua kebijakan penuh dari Arab Saudi berapa kuota dan umur jemaah yang bisa di berangkatkan," terangnya.

Sementara itu, Wabup Rohil H Sulaiman dalam sambutannya mengajak para jamaah untuk mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada Allah atas berkah yang telah diberikan karena para jamaah bisa berangkat menunaikan ibadah haji.

"Ini harus kita syukuri, kita tidak menyangka tahun ini bisa berangkat haji karena sudah 2 tahun tertunda," katanya.

Sehingga, Wabup meminta kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan manasik dengan sebaik-baiknya. Sebab kata Wabup , bimbingan manasik ini merupakan tuntutan dalam melaksanakan ibadah haji.

"Ambil ilmu yang diberikan oleh narasumber, sebab manasik ini merupakan bagaimana tata cara ibadah haji sesuai dengan syariat islam. Jaga kesehatan dan bersihkan hati, " pungkasnya."(SB)*

 

 

 





Post a Comment

0 Comments