Bupati Afrizal Sintong Terharu Bisa Gelar Halal Bi Halal IKM Rohil Setelah Dua Tahun Karena Pandemi






Pekanbaru - LHI

Hari ini, Minggu (29/05/2022), Pemkab Rohil melalui Ikatan Keluarga Masyarakat (IKM) Kabupaten Rokan Hilir menggelar acara halalbihalal setelah dua tahun tidak dilakukan karena pandemi Covid-19.

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong mengungkapkan rasa harunya. Dia mengatakan, tradisi yang setelah hari raya Idul Fitri akhirnya bisa terlaksana meski di penghujung bulan Syawal.

" Saya merasa senang sekali. Ini pertama kali saya berdiri dihadapan tokoh masyarakat Rokan Hilir di Pekanbaru sejak saya menjabat Bupati Rokan Hilir sebelas bulan yang lalu," kata Bupati Rokan Hilir saat menyampaikan pidatonya dalam acara halalbihalal dan melepaskan keberangkatan calon jemaah haji masya Rokan Hilir Pekanbaru di salah satu hotel Pekanbaru, Provinsi Riau.

Afrizal mengatakan, halalbihalal tahun ini merupakan awal babak baru menyatukan kembali seluruh masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang sempat terpecah pada saat perhelatan Pilkada.

" Dalam kehidupan ini, ada tiga pertengkaran yang bisa menyatukan kita kembali, pertama bertengkar dengan istri, kedua bertengkar dengan saudara kandung, dan ketiga bertengkar saat perhelatan Pilkada. Kalau yang ketiga ini, sudah lama saya tidak menyimpan dendam karena dalam pikiran saya bagaimana membangun Rokan Hilir kedepan," kata Afrizal yang disambut dengan tepuk tangan tamu undangan.

Apalagi saat ini masih banyak daerah terisolir membutuhkan sentuhan pembangunan seperti didaerah air hitam dan sinaboi. Terutama sekali daerah pesisir seperti Kubu dan Pasir Limau Kapas.

Bupati juga meminta Gubernur memperhatikan kondisi keuangan APBD Rokan Hilir mengingat postur APBD saat ini yang hanya tinggal Rp 1,2 Triliun ditambah dana DAK Rp 700 Miliar tidak bisa mengcover kebutuhan anggaran pembangunan yang terbatas" Kita beruntung karena masih ada masyarakat Tiong Hoa perantauan yang  sudi menyumbangkan dana nya untuk membangun jembatan di Sinaboi secara swadaya," katanya.

Masyarakat Tiong Hoa tersebut, sudah lama tinggal di Sinaboi dari empat generasi. Hebatnya lagi, dana swadaya yang terkumpul mencapai Miliaran rupiah.

Afrizal juga memberikan pesan khusus kepada seluruh tokoh masyarakat dan para pejabat Rokan Hilir di Pekanbaru untuk senantiasa mengujungi Rokan Hilir sekaligus memberikan masukan dan arahan agar Rokan Hilir kedepan lebih maju.

Antusiasme tamu terus berdatangan pada momen halalbihalal ditahun ini sehingga terlihat dari deretan antrean yang mengular untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Semula jadwal halabihalal pukul 09.00 Wib pagi sampai jam 16.00 sore baru dihentikan mengingat ada aktivitas lain. Itu menunjukan ada rasa rindu atas suasana halalbihalal."(SB)*

 

 

Post a Comment

0 Comments