Pemkab Lampung Tengah Gelar Kegiatan Simulasi Pilkkam E Voting


Lampung Tengah,LHI

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah menggelar kegiatan simulasi pemilihan kepala kampung (Pilkakam) secara E--Voting diLampung Tengah. Kegiatan dilaksanakan di Balai Kampung Wates, Jum'at (25/3/2022).

Sistem E--Voting merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik dan mengelola informasi digital untuk membuat surat suara, memberikan suara, menghitung perolehan suara, mengirim hasil perolehan suara, menayangkan hasil perolehan suara serta memelihara dan menghasilkan perhitungan suara.

Terkait perihal sistem tersebut, menurut penjelasan yang disampaikan oleh Dr. Yusharto Huntoyungo selaku Dirjen Bina pemerintahan desa kementerian dalam negeri dalam sambutannya, bahwa, dimana program sistem itu merupakan sebuah terobosan yang mana telah digagas pada tahun 2012 silam dan diaplikasikan pada tahun 2013.

Dikatakan juga oleh dia, bahwasanya program tersebut sampai saat ini telah dipakai dan diaplikasikan di sebanyak 11 Provinsi, 17 Kabupaten, dan 981 pemilihan kepala desa (Pilkades) diseluruh negara Indonesia. Karena hal itu, pada hari ini program E--Voting digelar simulasi di Kabupaten Lampung Tengah, karena program itu banyak manfaat bagi Pemkab Lampung Tengah.

“Program ini ialah terobosan yang digagas tahun 2012 dan diaplikasikan tahun 2013 yang silam. Sejauh ini, E--Voting sudah diaplikasikan di 11 provinsi, 17 Kabupaten, dan 981 Pilkades di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, maka hari ini kita adakan simulasi di Kabupaten Lampung Tengah, karena dengan program ini, banyak manfaat yang dapat diperoleh Pemkab Lampung Tengah,” Jelas Dirjen Yusharto.(ADV/)

 

Post a Comment

0 Comments