DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pelatihan Teknologi Pembelajaran Bahasa Inggris, Bupati HM Adil Minta Guru Ambil Cepat Momen ini

 


Meranti, LHI
--- Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH., MM. membuka secara resmi Acara Pelatihan Teknologi Pembelajaran Bagi Guru Bahasa Inggris Tingkat SMP dan SMA Bekerja sama dengan FKIV Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (17/03) di SMP Negeri 1 Tebingtinggi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kadis Pendidikan Rosita, Kadis Sosial Kadafi, Seluruh Peserta Guru SMP/SMA Mata Pelajaran Bahasa Inggris Berjumlah 80 orang, Kasubbag Protokol Hermansyah, Drs. Akmal, M.Hum., Msc., PhD. Perwakilan Universitas Ahmad Dahlan, Ketua MGMP Syarizal.

Acara dimulai dengan penyampaian dari pihak Universitas Ahmad Dahlan Dosen Drs Akmal M hum Msc PhD dia mengucapkan terima kasih  kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM telah mengudang Universitas Ahmad Dahlan  dalam acara ini. "Kami sengaja datang dari jauh merealisasikan sesuai dengan MOU antara pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Universitas insyaallah kita akan membantu 7 program strategis Bupati dan Wakil Bupati tentang pendidikan." ungkap Akmal

" Universitas Ahmad Dahlan sampai Israel dan Palestina kita punya rumah sakit disana untuk membantu apa lagi saat ini sedang terjadinya perang disana, kemudian nantik kita akan membahas beberapa materi dalam pelatihan ini khususnya bahasa Inggris semoga nantinya bermanfaat bagi peserta/guru yang hadir disini", Tambah Drs Akmal M hum Msc PhD

Kemudian dalam hal itu Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM mengatakan bahwa Kita dihadapkan pada era digitalisasi , dimana perkembangan ilmu dan teknologi saat ini begitu cepat. Dunia pendidikan harus selalu mengikuti perubahan, yaitu perubahan peran dari Guru di Sekolah.

Kurikulum merdeka yang merupakan perangkat guru yang telah direncanakan oleh kementerian dalam dilaksanakan sebagai upaya dalam pendidikan harus mewujudkan guru yang aktif, kreatif dan inovatif. ungkap Bupati

Dan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan Pelatihan Teknologi yang dilakukan sekarang ini, dimana tentunya MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris merupakan komunitas tempat berkumpulnya seluruh Guru Bidang Studi Bahasa Inggris SMP dan SMA swasta maupun negeri, dimana wadah ini adalah tempat bagi Guru Bidang Studi untuk berkoordinasi dan mengikuti perkembangan dunia pendidikan serta mengembangkan keprofesian berkelanjutan Forum ini juga merupakan wahana untuk berhimpun, bersosialisasi dan tukar menukar informasi antar sesama kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan

Bupati menambahkan, untuk menjadikan Kabupaten yang cerdas dan bermartabat dengan telah melakukan MoU ke beberapa universitas sebanyak 19 (Sembilan belas) universitas dibeberapa daerah seperti Riau, Sumatera Utara, dan Yogyakarta yang memang sudah terkenal dengan Label sebagai Kota Pelajar. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta merupakan salah satu Kampus yang datang untuk memberikan Pelatihan kepada Guru-Guru SMP dalam rangka tindak lanjut terhadap MoU yang sudah disepakati.

Bupatin jugab mengucapkan terimakasih dan apresiasi dengan kedatangan Bapak-Bapak Doktor ke Kota Sagu ini, yang juga sudah berkenan jauh-jauh datang kabupaten kepulauan meranti, Beliau berharap Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kami dalam rangka meningkatkan kapasitas Guru untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Bupati menambahkan Kedepannya akan  berupaya melaksanakan kegiatan yang serupa dengan mengikuti langkah yang sama melalui pola kemitraan dengan pihak akademisi yang ada di Perguruan Tinggi di Provinsi Riau, sehingga upaya peningkatan mutu pendidikan langsung menyasar kepada mata pelajaran melalui peningkatan kompetensi kepada guru-guru untuk bisa lebih maksimal. Selanjutnya hubungan kerjasama ini tentunya bisa terjalin secara berkelanjutan dengan Pihak Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, sehingga kegiatan yang serupa bisa terlaksana secara kontinyu.

"Khusus kepada Guru Jangan pernah lelah untuk terus mencari ilmu dan mengabdi dengan ilmu yang sudan didapatkan kepada siswa, jangan menyerah, tetap semangat untuk mencapai misi pendidikan bagi anak didik kita, karena semua bergantung ditangan Bapak Ibuk sekalian, karena sekecil apapun kebaikan yang kita buat akan dinilai oleh Allah SWT", sebutnya H Muhammad Adil SH MM.

"Kemudian saya ingatkan kepada guru-guru jangan beralibi di Facebook ingat tupoksinya kita sebagai apa, rolling ini dilakukan untuk mencerdaskan anak-anak Meranti sehingga guru-guru bisa berbaur dengan kondisi baru sehigga ketemu jalanya, rolling ini dilakukan 6 bulan sekali dan bagi yang guru wajib nyambung S2, dan juga bisa nyambung S3", katanya H Muhammad Adil SH MH MM.

"Saat ini saya sedang berevaluasi dan bagi guru yang tidak bisa berevaluasi maka maaf saya ketepikan dulu, karna tidak mau membuang uang APBD sia-sia jadi harus benar-benar serius dalam melakukan pekerjaanya sebagai guru", katanya H Muhammad Adil SH MH MM.

"Sekali lagi kepada guru bahasa Inggris semoga moment ini bisa di ambil secara cepat agar menambah ilmu dan wawasan bagi peserta yang hadir dalam ruangan ini, belum lama ini saya menjadi narasumber dan para guru wajib pintar IT karna tidak ada lagi anak-anak hanya membayangkan lewat papan tulis tapi sudah di era digitalisasi langsung terlihat tidak hanya membayangkan saja", akhirnya H Muhammad Adil SH MM.

Selanjutnya acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MH MM dan memberikan secara simbolis plakat kepada Pihak Universitas Ahmad Dahlan sebagai kenang-kenangan. (RAMLI ISHAK/Prokopim)

Post a Comment

0 Comments