Karya Dekranasda OKUS X Promosi Kawai Kanduk Hingga Internasional

 


OKU Selatan LHI

Dekranasda Kabupaten OKU Selatan bersama TP PKK Kabupaten OKU Selatan ikuti rangkaian kegiatan pada Rakerda Dekranasda dan Rakon PKK Sumsel, Dekranasda Kabupaten OKU Selatan tampil memukau pada  event Kriya Sriwijaya Fashion Parade Tahun 2022 (KSFP 2022) yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan Fashion Show ini merupakan Rangkaian Kegiatan Rakerda Dekranasda dan Rakon PKK 2022, menampilkan kreasi kain khas daerah di Sumsel, melalui tangan designer yang diaplikasikan pada pakaian yang berasal dari 12  Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Dekranasda Kabupaten OKU Selatan yang dibina langsung oleh Ibu Ketua Isyana Lonitasari Popo berhasil menarik perhatian dengan menampilkan pakaian produk lokal bermotif Kawai Kanduk Sulam Benang Emas dengan Designer Ivan Geovany.

Rapat Kerja Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang digelar bersamaan dengan rapat koordinasi PKK Sumsel juga dimeriahkan dengan  kegiatan diantaranya Pagelaran Pelangi Sriwijaya, Rabu (23/03/2022).

Pada Pagelaran Pelangi Sriwijaya yang dihadiri langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru ini beragam acara ditampilkan mulai dari dance, pameran kain lawas, juga fashion show comedian. Selain itu, ada 21 orang kepala OPD Provinsi Sumsel yang ikut ambil bagian pada fashion show di Palembang ini.

Untuk Dekranasda Sumatra Selatan, Gubernur H Herman Deru  menyampaikan apresiasinya karena sudah banyak sekali karya-karya mengangkat nilai nilai luhur dari karya cipta terdahulu yang tadinya terlupakan menjadi bangkit lagi. "Ini merupakan geliat Dekranasda Sumsel menjadi suatu wadah bagi setiap industri kerajinan kecil dengan pembinaan untuk mampu bersaing dan menjadi kekuatan ekonomi tersendiri di negara kita," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel, Hj. Febrita Lustia Herman Deru menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Ini. Menurutnya, Pagelaran Pelangi Sriwijaya ini bertujuan untuk mengajak kaum milenial Sumsel mengangkat kerajinan di Provinsi Sumatera Selatan serta diharapkan dapat meningkatkan rasa bangga menggunakan produk lokal.

Terkait keikutsertaan Dekranasda Kabupaten OKU Selatan pada event Fashion Show bergengsi di Sumsel ini, Ketua Dekranasda Kabupaten OKU Selatan berharap semoga Kain Khas OKU Selatan Kawai Kanduk dan Sulam Benang Emas semakin dikenal hingga ke Internasional.

Event tahunan yang digelar oleh Dekranasda dan PKK Sumsel ini juga telah berhasil mempromosikan Kain Khas Kabupaten OKU Selatan, sudah ada beberapa designer lokal yang menggunakan Kawai Kanduk untuk ditampilkan di berbagai event fashion show di tingkat Nasional.

Rangkaian kegiatan Rakerda Dekranasda dan Rakon PKK Sumsel dihari terakhir  pada hari ini (Kamis, 24/03/2022) di isi dengan agenda  Penyampaian hasil rakernas IX, Paparan Pelaksanaan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan di Kabupaten/Kota, Sinkronisasi Program Kerja Tahun 2022,  Sosialisasi Model Dasawisma dalam rangka Revitalisasi Dasawisma, dan Penyampaian Hasil Rakon.

Beberapa agenda kegiatan di hari terakhir ini diikuti oleh Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan, Sekretaris TP PKK, dan Anggota TP PKK Kabupaten OKU Selatan yang merupakan Ketua dari masing-masing Pokja.  ( APR )***

 




Post a Comment

0 Comments