DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Sah, Bupati Adil Sandang Gelar Magister Manajemen

 


Pekanbaru, LHI

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil terlihat lega setelah menyelesaikan ujian tesisnya di Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Kamis (17/2/2022). Dengan ini, ia berhak menyandang gelar Master Manajemen setelah mengenyam pendidikan lebih kurang empat tahun.

"Alhamdulillah, tadi saya telah selesai mengikuti ujian tesis dan sudah dinyatakan lulus oleh penguji," sebutnya.

Sesuai dengan tugas beliau saat ini sebagai bupati, tesis yang diambil berjudul Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Perencana Pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti."Judul ini berangkat dari kerangka pikiran kondisi pengembangan kompetensi ASN di Meranti," ungkap Adil.

Dijelaskannya, proses perkuliahan dirinya di kampus tersebut tidak berjalan mulus. Beberapa kali terkendala dikarenakan mengikuti kontestasi politik, baik di pemilihan legislatif Provinsi Riau maupun pemilihan kepala daerah Kabupaten Kepulauan Meranti."Memang sempat terkendala, tapi di tengah kesibukan itu semua saya komit untuk menyelesaikannya," kata Bupati.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran penguji dan dosen Prodi Magister Manajemen Universitas Lancang Kuning karena telah mentransfer ilmu kepada dirinya. Dia berharap ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat baginya dalam mengemban tugas sebagai kepala daerah.

"Terimakasih kepada semua pihak, terkhusus warga Kepulauan Meranti dan keluarga saya. Insyaallah ini akan menjadi bekal bagi saya dalam memimpin. Saya berharap ini juga menjadi penyemangat bagi ASN dan anak-anak Meranti untuk melanjutkan pendidikan setinggi mungkin," harap kader PKB Riau itu.

Direktur Pascasarjana Unilak Prof. Dr. Syafrani, M.Si, menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Adil karena telah menyelesaikan program pascasarjananya. "Baru-baru ini Ketua dan Wakil Ketua DPRD Riau juga baru menyelesaikan ujian tesisnya. Tentu ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Lancang Kuning," kata Prof. Syafrani.

Rektor Universitas Lancang Kuning Dr. Junaidi, SS, M.Hum yang turut menguji  H. Muhammad Adil mengatakan ujian tesis Bupati Meranti itu mendapat nilai A. Dia berharap momen ini bisa dijadikan contoh dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Meranti.

"Karena kalau melihat program strategis bupati, sangat memberi perhatian kepada SDM di meranti. Dan ini contohnya, Pak Bupati telah menyelesaikan pendidikan S2 nya. Kita doakan kedepannya bisa melanjutkan program Doktor," ungkapnya.

Menurut Dr. Junaidi, seorang pemimpin itu adalah model atau contoh bagi yang dipimpinnya. Jika pemimpinnya sudah S2 apalagi S3, katanya lagi, tentu akan menjadi penyemangat bagi ASN dan warga di Kepulauan Meranti.

"Saya berharap apa yang bapak teliti ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Meranti dan juga masyarakat luas. Tujuan dari tesis ini sangat mulia, karena berkaitan dengan peran ASN dalam merancang pembangunan di daerah," tutur Rektor Unilak itu.

Selain Dr. Junaidi, tesis Muhammad Adil juga diuji oleh Kepala Prodi Magister Manajemen Muhammad Rasyid Abdillah, SE, MM, Ph.D., Kepala Pusat Kerjasama Internasional Unilak Dr. Adolf Bastian, S. Pd., M. Pd., dan Wakil Direktur II Pascasarjana Unilak Dr. Adi Rahmat, SE, MM. (PONIATUN/Prokopim)

Post a Comment

0 Comments