DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pasca Pengakuan KSB KKM Pamsimas Tahun 2021,Kades Kedaton Berusaha Suap Awak Media



Lampung Utara,  LHI

Pasca pengakuan KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) Kelompok Keswadayaan Masyrakat (KKM) Pamsimas tahun 2021 lalu.

Diduga Kepala Desa Kedaton, berupaya menyuap awak media, dengan meminta agar persoalan tersebut dapat diselesaikan, dengan menutupi awak media seolah - olah pekerjaan itu sudah selesai pada Desember 2021.

Hal itu, nampak jelas Kades Kedaton Hasan mengatakan "Untuk membungkam, mementahkan berita bahwa diserahterimakan (Pamsimas) di Desember, pekerjaan itukan belum selesai, supaya singkron seolah - olah beliau ini (Ketua KKM) selesai Desember begitu maksud saya," ucap kades dalam Vidio yang berdurasi 00:25 detik itu, seperti sedang rapat di rumah warga desa setempat.  Vidio tersebut, dikirim pada salah satu awak media.31 Januari, sekitar pukul 22.25 wib.

Dimana tujuan dikirim nya video itu, Hasan Kades Kedaton terpilih itu, sedang meminta agar awak media dapat bersabar, karena sedang meminta KKM menyelesaikan.

Dugaan untuk menyuap awak media itu, terkait persoalan Pamsimas tahun 2021 yang belum diselesaikan KKM serta beberapa item kegiatan yang tidak dilaksanakan.


Sebagaimana isi berita yang telah dilansir dengan judul " Ini di Desa Kedaton, Beberapa Kegiatan Pembangunan PAMSIMAS Tahun 2021 Diduga Belum Dilaksanakan, persoalan Pamsimas mencuat. "

Dimana isi berita itu, dijelaskan pengakuan KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) Kelompok Keswadayaan Masyrakat (KKM) Pamsimas yang ditemui diruang kerja Kades.Senin 31/01/2022.

Dari pengakuan KSB. KKM. Desa tersebut, dihadapan Hasan  Kepala Desa Kedaton yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu.

Ketika ditanya, beberapa kegiatan sesuai dengan data RAB Pamsimas yang dihimpun dari rekan awak media yang bernama Oji warga setempat. 

Padli mengakui benar belum melaksanakan kegiatan seperti yang ditanya awak media, pengakuan Ketua KKM itu diamini oleh Sekretaris serta Bendahara nya.

Seperti contohnya saja item kegiatan, PELATIHAN TINGKAT MASYARAKAT

1. Pelatihan manajemen keuangan.

2.  Pelatihan tehnik konstruksi SAM dan sanitasi.

3. Pelatihan kesehatan di masyarakat.

4. Pelatihan disabilitas.

5. Pelatihan untuk badan pengelola..

PENINGKATAN PROMOSI PHBS

1. Kegiatan promosi kesehatan di masyarakat

2. Kegiatan promosi kesehatan di sekolah.

3. Pelatihan PHBS di sekolah.

4. Pemeriksaan kualitas air.

Tidak hanya Ketua KKM, Rahmawati bendaharanya pun ikut mengatakan sebagian dana telah ia serahkan pada pendamping kabupaten. pihak (Perumahan dan Pemukiman) Kabupaten Lampung Utara.

Rustam Efendi Sekretaris KKM Pamsimas Desa Kedaton juga mengakui tidak memiliki arsif kegiatan, karena yang buat SPJ (Surat Pertanggungjawaban) yang buat pihak pendamping, terangnya.

Padahal jelas - jelas kegiatan itu, seharusnya dikelola oleh masyarakat desa setempat, begitu pula selaku pihak yang membelanjakan dana Pamsimas, tentunya KKM dapat memberikan laporan SPJ nya, sesuai belanja barang, bukan dipihak ketigakan.(NOPRI)

 

Post a Comment

0 Comments