Bupati Pangandaran Hadiri Gebyar Pameran Pertanian


Pangandaran, LHI.

Bupati Pangandaran HJeje Wiradinata menghadiri sekaligus membuka gebyar pameran pertanian yang berlokasi di Lapangan Nugraha Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Selasa (25/1/2022).

Ketahanan pangan dinilai sangat penting dalam kehidupan, terlebih pada saat pandemi covid 19 seperti sekarang, sebab ketahanan pangan sangat erat kaitannya dengan terhadap kestabilan ekonomi dan keberlangsungan hidup manusia.

Ketahanan pangan mengindikasikan pada ketersediaan akses terhadap sumber makanan sehingga untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia.

Pameran pertanian yang diikuti oleh para kelompok tani itu merupakan agenda tahunan Dinas Pertanian Kab Pangandaran itu juga dihadiri oleh Sutriaman selaku Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Pangandaran.

Disampaikan Sutriaman selaku Kepala Dinas Peternakan dan pertanian perlunnya pendidikan dasar tentang pertanian yang harus ditanamkan sejak dini, seperti pemanfaatan lahan pekarangan rumah yang bisa digunakan untuk menanam tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan pangan, seperti tanaman cabe, terong, kangkung, bayam dan jenis tanaman lainnya.

Masih kata Sutriaman, melalui kelompok tani yang ada di Pangandaran, diharapkan pemahaman pertanian bisa mengedoukasi masyarakat hingga anak anak usian dini, jelasnya.

"Terlebih di Pangandaran ini sudah terbentuk Lembaga Pembinaan Pendidikan Pertanian Swadaya (P4S), yang dapat di pungsikan untuk mendidik masyarakat, Milenial dan anak anak, papar Sutriaman.

Dengan cara itu, nantinya masyarakat maupun anak anak milenial dan anak kecil akan semakin mengenal dan mencintai sektor pertaniaa, terlebih kita ini kan lahir dari para petani, jangan sampai sektor pertanian ini tertinggal karena perubahan jaman, jelasnya.

Kita kan bisa melakukan kegiatan kegiatan bersama anak anak sekolah SD sederajat, hingga perguruan tinggi seperti penanaman seribu pohon, paparnya.

Seperti di sampaikan H Jeje Wiradinata selaku Bupati Pangandaran, bahwa sektor pertanian ini sangat menunjang kemajuan perekonomian masyarakat.

Dilihat dari perkembangan, dulu perekonomiannya negatif 0,01%, sekarang Alhamdulillah sudah naik, mudah mudahan saja pandemi cepat berakhir, pungkasnya. (AS).

Post a Comment

0 Comments